Sejumlah ABK pesiar tiba di Pelabuhan Tanjung Priok. (BP/Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebanyak 181 ABK KM Carnival Splendor dijadwalkan tiba di Bali melalui jalur darat, Sabtu (9/5) pagi. Sebelumnya, mereka diturunkan di Pelabuhan Tanjung Priok.

Sesampainya di Pelabuhan Gilimanuk, para ABK langsung ditangani Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan. “Sebanyak 10 bus telah disiapkan untuk mengangkut ABK berjumlah 181 orang,” ujar Sekretaris Gugus Tugas Provinsi Bali, I Made Rentin yang juga Kepala Pelaksana BPBD Bali.

Menurut Rentin, seluruh ABK telah menjalani pemeriksaan di kapal dan dikarantina di Jakarta. Mereka juga telah di rapid test. Dari 10 bus yang disiapkan, satu bus diantaranya khusus untuk ABK asal Jembrana yang selanjutnya ditangani Gugus Tugas Kabupaten Jembrana. Mereka akan ditempatkan di tempat karantina yang telah disiapkan kabupaten.

Sisanya 9 bus rombongan ABK asal Kabupaten/ Kota lainnya dikawal oleh Satlantas Polres Jembrana dan Dinas Perhubungan Provinsi Bali menuju tempat karantina di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Denpasar.

“Tiba di LPMP mereka diberikan sosialisasi oleh Gugus Tugas Provinsi Bali tentang lanjutan karantina agar genap 14 hari sesuai protokol kesehatan. Sebelumnya mereka sudah menjalani karantina selama 7 hari,” paparnya.

Selanjutnya, kata Rentin, para ABK akan dijemput oleh Gugus Tugas Kabupaten/Kota di LPMP. Mereka langsung diantar menuju ke tempat karantina di Kabupaten / Kota masing-masing serta mendapat penanganan sebagaimana mestinya. (Rindra Devita/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.