Saya menjadi waswas ketika wabah Corona meluas ke mana-mana. Bahkan, saya dengar dari teman kini selain China banyak negara mulai membatasi penerbangan keluar–masuk wilayahnya. Ini artinya potensi penurunan jumlah wisatawan ke Bali sangat terbuka.

Saya yakin Bali akan makin sepi. Terlebih ketika saya baca Bali Post, ada banyak pramuwisata mulai mengeluh. Di Kintamani banyak pramuwisata juga mulai mengeluh dan ada yang juga mulai melirik profesi lain.

Baca juga:  Menjaga Sumber Mata Air

Bahkan, ada di kawasan Sanur, Denpasar, pramuwisata juga mengeluhkan sepinya wisatawan. Mudah-mudahan hal ini tak meluas. Jangan sampai penurunan wisatawan ke Bali berimbas serius terhadap daya tahan ekonomi Bali.

Mudah-mudahan Bali segera pulih dan kesempatan ini bisa kita kelola untuk menata kawasan secara lebih baik dan profesional. Mari kita berkomitmen menjaga Bali untuk terjadinya proses kesinambungan.

Ini juga agar Bali bisa dinikmati anak-cucu kita. Saya berharap Gubernur Bali Wayan Koster benar-benar bisa menjabarkan programnnya ‘’Nangun Sat Kerthi Loka Bali’’ menuju Bali Era Baru.

Baca juga:  Koster Ultimatum Oknum Pegawai Minta Uang Rp 40 Juta untuk Angkat Pegawai Kontrak

Ni Made Sudarti

Denpasar, Bali

BAGIKAN