BP/asa Dirut RS Bali Mandara dr. Gede Bagus Dharmayasa, M.Repro. saat meninjau ruangan isolasi. (BP/asa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Rumah Sakit Bali Mandara akan dijadikan RS rujukan bagi pasien COVID-19 jika jumlahnya lebih dari 200. Direktur Utama RS Bali Mandara (RSBM), dr. Gede Bagus Dharmayasa, M.Repro., Rabu (4/3), menyatakan, pihaknya sudah siap dalam menangani virus COVID-19 atau Corona.

Ia pun menyediakan dua ruangan isolasi di gedung utama RS. Per ruangan dilengkapi empat bed.

Gedung baru yang saat ini belum dioperasikan juga siap digunakan untuk penanganan Corona. “Ini nanti steril. Keramiknya khusus dan ruangan betul-betul dijaga. Sesuai petunjuk dan arahan Dinas Kesehatan dan kementerian, ini sudah sesuai standar semuanya,” kata pria yang lama bertugas sebagai pimpinan RSJ Bangli itu.

Baca juga:  Amankan Hari Buruh, Polda Kerahkan Ribuan Personel

Meski RS Bali Mandara sudah siap, dia berharap virus Corona tidak sampai menyebar di Bali.

Sementara itu, dr. I Wayan Agus Gede Manik S, M.Ked.Klin, Sp.MK., menjelaskan virus Corona menyerang saluran pernapasan. Gejalanya seperti demam, pilek, sakit tenggorokan dan infeksi pada paru-paru.

Pencegahannya sangat sederhana yakni hindari kontak dengan orang yang terinfeksi virus tersebut. Selain itu bisa dicegah dengan pola hidup bersih sehat. Seperti membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir, atau juga antiseptik yang berbasis alkohol. (Miasa/balipost)

BAGIKAN