Dirut RSUD Sanjiwani, dr Ida Komang Upeksa. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Pascapengumuman ada warga Indonesia yang positif COVID-19 (Corona), seluruh rumah sakit bersiap melakukan penanganan, tidak terkecuali RSUD Sanjiwani Gianyar yang merupakan salah satu RS rujukan pasien Corona.

Menurut Direktur Utama RSUD Sanjiwani, Senin (2/3), di rumah sakit yang beralamat di Jalan Ciung Wanara Gianyar ini sudah mempersiapkan ruang isolasi, jikalau ada pasien positif corona. Dikatakan dr. Upeksa sesuai hasil rapat dengan Dinas Kesehatan Gianyar dan Pemerintah Provinsi Bali, seluruh RS harus siap.

Baca juga:  Pembangunan Gedung Lantai III di RSU Dilanjutkan

Pihaknya sendiri sudah menyiapkan penanganan jangka pendek dan jangka panjang bila ada pasien positif corona datang. Termasuk di RSUD Sanjiwani Gianyar sudah siap dengan ruang isolasi. “Sesuai hasil kordinasi memang seluruh rumah sakti daerah harus siap, kalau saya sudah siap dengan ruang isolasi,” katanya.

Dikatakan RSUD Sanjiwani sendiri sudah sempat disupervisi oleh pemerintah provinsi, salah satunya terkait merubah alur pasien. Sampai saat ini pihaknya sendiri sudah menyiapkan sejumlah tempat tidur intuk isolasi. “Jadi kita sudah punya dua sampai tiga tempat tidur untuk isolasi,” katanya.

Baca juga:  Kabar Duka!! Satu Pasien COVID-19 di Badung Meninggal

Apabila terjadi peningkatan kasus sebagai kejadian luar biasa, pihaknya akan segera menyiapkan satu ruangan untuk isolasi pasien. “Kalau terjadi peningkatan kasus, kita setting satu ruangan, tetapi itu hanya untuk kejadian luar biasa, nanti pasti negara juga turun tangan,” katanya.

Untuk SDM, pihaknya sudah memiliki dokter konsultan spesialis paru. Sebab virus corona diketahui bisa menyebar lewat udara. “Kita ada dokter konsultan untuk ini, namun internis rumah sakit semua harus siap,” tandasnya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN