Pasar di Terminal Manuver, Jembrana sudah rampung tapi belum ditempati pedagang. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Pembangunan pasar di Terminal Manuver, Kelurahan Gilimanuk, sudah rampung. Puluhan pedagang oleh-oleh yang sebelumnya berjualan di bangunan lama pasar itu kini sudah siap menempati kios yang baru.

Hanya saja, meskipun instalasi sudah tersedia, namun belum ada listrik dan air yang mengalir di pasar ini. Alhasil, pedagang masih berjualan di lapak-lapak sementara di sekitar parkir manuver. Sedangkan gedung pasar sejauh ini belum digunakan.

Dari informasi pedagang, penyediaan aliran listrik ke bangunan pasar tidak termasuk dalam anggaran pembangunan. Begitu juga dengan upacara melaspas bangunan. Karena itu, para pedagang melaspas secara swadaya, itupun tidak untuk semua bagian pasar.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Jembrana Komang Agus Adinata mengungkapkan, pembangunan pasar di parkir Terminal Manuver sudah rampung tetapi memang belum penyerahan dan masih berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Sementara terkait listrik, sebelum pasar itu dibangun ada tiga aliran listrik berbeda. Kalau itu diteruskan, biayanya tidak terlalu besar.

Tetapi kalau satu aliran saja, tentu harus mencabut dan dikenakan biaya pemasangan lagi. “Kalau dari item pembangunan, untuk aliran listrik ini tidak termasuk. Ini nanti kita bahas sebelum diserahkan. Kita juga mau menertibkan mana yang benar-benar pedagang. Tidak disewakan lagi,” tegasnya. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN