Kendaraan barang mengangkut janur melintas di UPPKB Cekik. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Menjelang hari raya Galungan, pasokan komoditi penunjang upakara seperti janur dan pisang dari Pulau Jawa meningkat. Berdasarkan data lalu lintas kendaraan barang yang masuk ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk di Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Cekik, kendaraan yang membawa janur mencapai 15 unit setiap hari.

Dibandingkan awal Januari lalu, kendaraan yang masuk mengangkut komoditi kebutuhan upakara mengalami kenaikan. Hal ini juga dipicu oleh meningkatnya permintaan, sehingga pasokan bertambah.

Pada awal Februari, buah, jagung, ketela, kedelai/kacang, cabai, rempah-rempah dan janur mencapai 6.580.300 kilogram. Pada pekan pertama, buah tercatat 1.115.200 kilogram yang diangkut 154 unit kendaraan, sedangkan janur mencapai 110.400 kilogram yang dibawa 24 angkutan.

Pada pekan kedua Februari terjadi kenaikan lebih dari tiga kali lipat. Komoditi buah yang mencapai 3.536.000 kilogram dibawa 520 unit kendaraan. Sementara janur sebanyak 533.600 kilogram diangkut 116 unit kendaraan.

Koordinator Satpel UPPKB Cekik, I Ketut Iriana Waskita, Rabu (12/2), data Februari itu baru sementara. Berkaca dari pengalaman, menjelang Galungan beberapa komoditi khususnya buah dan janur akan terus meningkat. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN