SEMARAPURA, BALIPOST.com – Akhir pekan bagi sebagian besar masyarakat dimanfaatkan untuk berwisata. Jika anda masih bingung mau ke mana, menikmati panorama alam dan wisata spiritual di Desa Akah, Kabupaten Klungkung bisa jadi pilihan.

Desa ini punya jalur trekking sepanjang 3,5 km yang sangat menyenangkan untuk dijajal. Jalur melewati hamparan sawah, lembah dan daerah aliran Tukad Unda yang asri akan mampu memberikan suasana segar bagi yang gemar wisata petualangan atau yang sekadar ingin mencari pengalaman baru berwisata.

Baca juga:  Begini Aktivitas Pemandu Objek Wisata Hidden Canyon Ditengah Pandemi Covid-19

Apalagi di kawasan ini ada Goa Panji Landung yang jadi ikon Desa Akah. Goa ini dianggap sakral dan angker oleh penduduk setempat. Kedalaman goa sekitar 10 meter dengan lebar pintu masuk sekitar 3 meter.

Di kawasan ini juga terdapat 3 pancuran yang diyakini dapat menyembuhkan penyakit. Tidak hanya itu, juga ada satu lokasi wisata spiritual lainnya yakni Pura Beji Pasekan Desa Akah.

Baca juga:  Dua Tahun Hadapi Pandemi, Pariwisata Bali Mulai Utamakan NEWA

Pura ini terletak di pinggir Sungai Unda dan memiliki sebuah pancuran yang airnya tak pernah surut. Airnya biasanya digunakan warga sebagai sarana upacara keagamaan dan dapat dikonsumsi.

Sejauh ini, fasilitas pariwisata masih minim. Maka dari itu, Pemkab Klungkung menganggarkan Rp 400 juta untuk menata kawasan ini. ‘’Masih banyak hal yang harus dibenahi di antaranya menyiapkan penataan destinasi yang ada, perbaikan jalan setapak yang akan dilalui menuju destinasi, tempat parkir, penyediaan souvenir, tempat kuliner dan utamanya kebersihan,’’ ujar Kepala Dinas Pariwisata Klungkung Nengah Sukasta. (Bagiarta/balipost)

Baca juga:  Tepat di Hari Kemerdekaan RI, Petani Ini Pilih Akhiri Hidup
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *