Sejumlah perahu nelayan diparkir di pinggir Pantai Kedonganan, Kuta, Badung, Kamis (9/1). BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi terjadi 9-11 Januari. (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Gelombang tinggi diperkirakan terjadi di wilayah perairan Bali-NTB pada 9-11 Januari. Untuk itu, BMKG Wilayah III Denpasar mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir dan sekitar area yang berpeluang terjadinya gelombang tinggi agar waspada.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar Iman Faturahman, Kamis (9/1), menyatakan, tinggi gelombang bisa mencapai 1,25-2,5 meter. Ini berpeluang terjadi di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, perairan Selatan Bali hingga Selat Sumbawa, Samudera Hindia Selatan Bali-NTB.

Baca juga:  Penyangga Tak Kuat, ''Bale Pesandekan'' Pura Bangun Sakti Besakih Roboh

Menurutnya, tinggi gelombang dipengaruhi oleh kecepatan angin. Tidak dipengaruhi oleh fenomena gerhana bulan penumbra yang akan terjadi pada 11 Januari. Gerhana bulan hanya berpengaruh terhadap pasang surutnya air laut.

Imam minta masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam area peringatan dini agar selalu memperhatlkan update informasi cuaca dan gelombang dari BMKG. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.