Siswa di Kecamatan Banjarangkan saat melakukan penanaman pohon. (BP/gik)

SEMARAPURA, BALIPSOT.com – Polres Klungkung menggagas gerakan menanam pohon bersama melibatkan OPD terkait di Pemkab Klungkung. Kegiatan ini untuk menyadarkan masyarakat untuk kembali merawat alam menyusul sejumlah dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam.

Untuk mematangkan rencana itu, Kapolres Klungkung AKBP Komang Sudana bertemu Wakil Bupati Klungkung Made Kasta di Ruang Comand Center Polres Klungkung, Selasa (7/1). Hadir Kalak BPBD Klungkung Putu Widiada, Kasatpol PP dan Damkar Klungkung I Putu Suarta, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung A.A. Ngurah Kirana, Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida dan pimpinan lembaga terkait lainnya.

Baca juga:  Empat Pesatakan Non Aktif Diperiksa Penyidik Tipikor Polres

Kegiatan penanaman pohon bersama akan dilaksanakan 10 Januari nanti. Ini sangat berguna untuk mengantisipasi bencana akibat musim hujan, khususnya di wilayah Klungkung. Dengan demikian, ke depan kawasan Klungkung terhindar dari bencana seperti tanah longsor.

Wakil Bupati Made Kasta mendukung rencana itu. Pihaknya berharap gerakan ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat dengan kesadaran penuh menjaga pertiwi. OPD terkait diminta menyiapkan segala sesuatunya, agar gerakan bersama penanaman pohon secara serentak dapat berjalan maksimal.

Baca juga:  Menhub Tinjau Rencana Pengembangan Pelabuhan Sanur

Sejumlah satuan kepolisian juga sudah proaktif mengajak masyarakat agar peduli lingkungan. Seperti Sat Polair Polres Klungkung, setiap personelnya mengimbau masyarakat termasuk WNA menanam pohon di kawasan pesisir.

Menurut Kasat Polair Polres Klungkung AKP I Nyoman Arnawa, penanaman pohon merupakan wujud kecintaan untuk menjaga, melestarikan dan peduli terhadap ekosistem alam agar tetap seimbang. “Adanya pohon di sekitar kita bermanfaat banyak. Alam yang seimbang akan menekan bencana,” ujarnya.

Baca juga:  RSU Negara Rawat Pasien Berstatus Tersangka

Jajaran kepolisian dari Polsek Banjarangkan juga melakukan gerakan serupa dengan menyasar anak-anak SD. Kapolsek Banjarangkan AKP I Ketut Suaka Purnawasa mengatakan, kecintaan pada alam harus dibangun mulai anak-anak sehingga saat dewasa lebih paham akan pentingnya menjaga keseimbangan alam. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.