Salah satu rumah warga Karangasem rusak parah setelah tertimpa pohon tumbang, Senin (6/1). (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Wilayah Kabupaten Karangasem masih dilanda angin kencang hingga Senin (6/1). Akibatnya, sejumlah pohon tumbang dan menimpa bangunan. Dua di antaranya adalah Puskesmas Pembantu (Pustu) Karangasem I di Banjar Dinas Samuh, Desa Bugbug dan rumah warga di beberapa desa.

Atap puskesmas mengalami kerusakan cukup parah. “Pohon jenis kapas menimpa pohon mete dan selanjutnya menimpa gedung puskesmas. Petugas sudah melakukan penanganan. Pohon juga menimpa kabel milik PLN,” jelas Kalak BPBD Karangasem Ida Bagus Arimbawa.

Baca juga:  Reyog Jazz Ponorogo Padukan Jazz dengan Keindahan Alam Telaga

Sementara pohon tumbang yang menimpa rumah di antaranya milik I Nyoman Parna asal Banjar Dinas Nampo, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem. Pohon tumbang juga menimpa bangunan dapur kepunyaan I Ketut Geriya di Banjar Dinas Kanginan, Desa Pesedahan, Kecamatan Manggis. Akibatnya, atap bangunan ringsek.

Menurutnya, potensi angin kencang masih terjadi hingga beberapa hari ke depan. Untuk itu, pihaknya selalu mengimbau seluruh masyarakat Karangasem agar waspada, terlebih yang memiliki bangunan di bawah pohon.

Baca juga:  Kibarkan Industri Pariwisata, Kaltara Kembangkan Simpar

“Pohon tumbang bisa terjadi setiap waktu, tidak bisa diprediksi. Kalau bisa, segera pangkas pohon yang ada di dekat pekarangan rumah,” ujar Arimbawa. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.