DENPASAR, BALIPOST.com – XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil melalui masa liburan panjang akhir tahun dengan kinerja jaringan yang baik secara nasional. Hampir tidak ada persoalan yang berarti yang menganggu layanan kepada pelanggan selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) antara 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Pada waktu yang sama, trafik data di Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan trafik di hari normal. Layanan data berbasis Games menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh Instant Messaging dan Web Browsing.

Baca juga:  IMF-WB Annual Meeting, XL Siapkan Jaringan Berkualitas

Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit mengatakan trafik data di Bali meningkat hingga 20 persen NTB, termasuk Lombok, naik sekitar 18 persen. Di NTT, XL mulai banyak melakukan ekspansi ke area-area baru, naik hingga 26 persen.

Selain itu, trafik di kota-kota penting juga naik. Di Denpasar naik 12 persen Mataram naik 8 persen, Kupang 14 persen, dan Labuhan Bajo naik 9 persen. “Ketiga provinsi tersebut memiliki banyak destinasi wisata yang semakin popular yang banyak dikunjungi di sepanjang liburan akhir tahun ini,” ungkapnya.

Baca juga:  Dikembangkan, Pendidikan Berbasis Digital di Sekolah Madrasah Aliyah

Kenaikan trafik data juga terjadi di seluruh wilayah Jawa Timur, yaitu sekitar 28 persen. Keberadaan jalan tol Trans Jawa semakin memudahkan masyarakat menjangkau Jawa Timur dari mana saja.

Karena itu tidak mengherankan jika masa liburan panjang, banyak masyarakat luar yang masuk Jawa Timur untuk berlibur, berwisata, maupun pulang kampung. Beberapa area yang menjadi tujuan favorit mengalami kenaikan trafik data cukup tinggi, seperti Banyuwangi meningkat sekitar 24 persen, Malang dan Batu naik 26 persen khusus di area Jatim Park 2 meningkat sebesar 115 persen, Surabaya naik 2 persen, dan Madura naik 5 persen.

Baca juga:  XL-Yonder Music Hadirkan Musisi Idola di 4 Kota

Menurut Bambang Parikesit, hal yang paling utama adalah mampu mengatasi lonjakan trafik liburan panjang dengan performa jaringan yang baik dan lancar. Tidak ada gangguan yang berarti. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *