DENPASAR, BALIPOST.com – Menyikapi banjir di Jakarta hingga menelan korban jiwa, Polda Bali beserta jajaranya langsung menggelar apel penanggulangan bencana alam di Lapangan Iptu S. Soetarjo Satbrimob Polda Bali, Tohpati, Denpasar Timur, Sabtu (4/1). Kondisi Bali hingga saat ini masih aman dan kondusif.

Apel tersebut dipimpin Karo Ops Polda Bali Kombes Pol. Djoko Prihadi, S.H. “Kita melihat situasi dan kondisi secara nasional di Jakarta terjadi bencana alam yaitu  banjir. Bapak Kapolda pascatahun baru melihat kejadian itu, langsung mengumpulkan kami semua untuk melakukan siap siaga bencana,” tegas Kombes Djoko usai apel.

Baca juga:  Situasi Jelang Pilkada, Ini Kata Kapolda Golose

Menindaklanjuti perintah Kapolda tersebut, pihaknya langsung melakukan persiapan dan koordinasi dengan instasi dan stakeholder terkait, yaitu TNI, BMKG, Basarnar, dinas sosial, termasuk tim kesehatan. “Semua kita rapatkan barisan, melakukan kesiapsiagaan. Nanti dibentuk posko-posko di masing-masing instansi. Kalau Polda Bali poskonya di Mako Brimob dan sebagai Kasatgas yaitu Dansat Brimob,” ungkapnya.

Sedangkan Posko Terpadunya di BPBD Bali. Tujuannya dalam rangka persiapan antisapasi bencana alam.

Terkait kegiatan ini, pihaknya menyiapkan seluruh personel dan sara prasaran yang dimiliki Polda Bali beserta jajarannya. “Polres-polres juga juga lakukan apel kesiapsiagaan bencana alam dengan stakeholder  yang ada di sana, pada jam yang sama. Termasuk pemda dan BPBD daerah,” kata perwira melati tiga di pundak ini.

Baca juga:  Geledah Ruang Tahanan Mantan Manager Akasaka Sebelum Dilayar, Ini Ditemukan Polisi

Untuk di Bali, rawannya yaitu curah hujan tinggi dari Januari sampai Februari dan tanah longsor. “Kalau banjir semoga tidak terjadi karena serapan air dan drainase masih bagus,” tegasnya.

Mengantipasi tanah longsor, Polda telah memplot dan melakukan identifikasi bersama BMKG, terutama di daerah Petang, Badung. “Sudah diidetifikasi dan pemantauan sehingga tiap saat siap digerakan. Terdepan polres  dan polsek-polsek bersama koramil. Kami juga punya peralatan lengkap, terutama SAR (search and rescue) menolong korban bencana alam,” kata Djoko Prihadi.

Baca juga:  Terekam CCTV, Pembobol Butik Ditangkap

Menurutnya situasi Bali sampai saat ini masih aman. Meski demikian pihaknya berusaha maksimal menjaga Bali  ini tetap aman dan nyaman. “Kalau bencana itu kan kehendak Yang Maha Kuasa, tapi kita tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk Bali menjadi tempat aman dan nyaman dikunjungi wisatawan mancanegara,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.