Pilkada 2020 tampaknya akan segera memasuki babak baru, pascapergantian tahun nanti. Saya dengar partai-partai politik akan memastikan calonnya setelah memasuki awal tahun 2020. Selama ini para calon juga masih mendaftar dan memohon dukungan.

Saya juga baca di media massa, ada dua calon bupati incumbent yang akan maju lagi yakni Badung dan Karangasem. Mudah-mudahan pada Pilkada 2020 ini calon yang muncul tak menyerah lebih dulu, melihat calon lawannya.

Baca juga:  Hasil Perbaikan Bacaleg di Gianyar, 7 Parpol Kesulitan Penuhi Kuota

Untuk itu, saya berharap partai politik tetap membuka informasi yang seluas-luasnya bagi publik terkait calon yang akan mereka ajukan. Apakah mereka memiliki basis politik yang kuat atau berlatar kekuatan modal finansial.

Mudah-mudahan para calon yang akan bertarung secara figur memang memiliki kualitas yang layak untuk dipilih sebagai pemimpin.  Mudah-mudahan juga partai politik tak rebutan calon, mengingat ada banyak tokoh yang mendaftar di sejumlh partai politik. Sebagai warga Bali, saya hanya berharap Pilkada 2020 melahirkan pemimpin kabupaten/kota yang paham tantangan Bali ke depan.

Baca juga:  Menjaga Referensi Pemilih Lebih Luas

I Kadek Aria Sudarma

Denpasar, Bali  

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.