AMLAPURA, BALIPOST.com – Panglukatan Sapta Gangga Pura Tirta Empul, Desa Timbrah, Karangasem dipadati warga yang melaksanakan ritual banyupinaruh, Minggu (8/12). Kendati, panglukatan ini masih dalam penataan, masyarakat cukup ramai melukat.

Pengrajeg Desa Adat Timbrah, I Nengah Sudarsa, mengungkapkan, sejak pagi-pagi buta warga sudah berdatangan untuk malukat. Kata dia, warga yang datang kebanyakan bersama dengan keluarga besar. “Sejak pagi sudah ramai pengunjung untuk malukat. Warga yang datang ini sebagian besar dari Karangasem. Tapi, ada juga pengunjung dari Badung dan Denpasar,” sebutnya.

Baca juga:  Banyupinaruh, Pura Taman Pecampuhan Sala Dipadati Pemedek

Sudarsa menambahkan, kalau hari-hari biasa jumlah pengunjung hanya 150-200 orang. Tapi, saat ini, jumlah pengunjung sudha mencapairibuan orang.

Kebetulan sekarang ini momen banyupinaruh, jadi lebih banyak warga yang datang untuk malukat. “Peningkatan kunjungan mencapai 100 persen lebih,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Wayan Wage mengatakan, air di Sapta Gangga ini masih jernih dan bersih. “Saya sudah dua kali malukat di sini,” ujarnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.