Sejumlah warga menunggu keluarganya yang dirawat di RSUD Karangasem. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – RSUD Karangasem sudah menjalankan program santunan makan untuk penunggu pasien kelas III. Untuk lebih meningkatkan layanan, anggaran yang diplot untuk menjalankan program tersebut diharapkan ditingkatkan pada tahun 2020 mendatang.

Direktur RSUD Karangasem I Wayan Suardana didampingi Kepala Instalasi dan Pemasaran Ni Ketut Sukaniti menyampaikan itu, Kamis (31/10). Tahun ini anggaran untuk penunggu pasien sekitar Rp 600 juta. Warga yang menunggu keluargnya sakit hanya mendapat sekali makan per hari. “Anggaran yang digelontorkan selama ini tergantung kemampuan daerah. Berapapun diberikan, kami tidak pernah meminta,” ujarnya.

Baca juga:  Sidak ke Nusa Penida, DPRD Klungkung Temukan Fakta Miris Soal Penegakkan Perda

Ia ingin program pemberian santunan makan kepada penunggu pasien terus berjalan ke depannya. Untuk lebih meningkatkan pemberian santunan, pihaknya berharap anggaran yang disalurkan tahun depan ditambah. ”Kami ingin memberikan santunan dua kali atau tiga kali sehari. Tapi, kami kembali serahkan kebijakan sepenuhnya kepada pemerintah,” katanya.

Menurut Sukaniti, program pemberian santunan makan ini khusus buat penunggu pasien kelas III. Makanan disalurkan oleh rekanan. Pihak rumah sakit melalui bidang gizi hanya menerima untuk kemudian meneruskan kepada penunggu pasien. ”Santunan makanan kepada penunggu pasien diberikan siang hari,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.