GIANYAR, BALIPOST.com – Setelah melakukan coaching dan refersh treatment pada para pelatih, kini ratusan atlet kabupaten Gianyar yang akan mengikuti Porprov Bali 2019 di Tabanan, melakukan tes fisik, Rabu (1/5). Bertempat di GOR Kebo Iwa, Gianyar, sebanyak 60 orang dari Tim Ganesha Sport Center FOK Undiksa melakukan pemeriksaan terhadap ratusan atlit Gianyar.

Sebanyak 651 atlet dari 41 cabor, dilakukan pemeriksaan yang dibagi selama dua hari. Menurut Ketua Tim Ganesha Sport Center FOK Undiksa Dr. I Ketut Iwan Swadeshi, M.or, ada 16 pos yang dilakukan pengecekan kepada atlet. Mulai dari pengecekan tensi, tinggi dan berat badan, kekebalan lemak, kecepatan antisipasi, kecepatan reaksi, keseimbangan, kelenturan, kekuatan otot punggung dan tungkai, kekuatan genggaman, kekuatan mendorong dan menarik, sit up, push up, kelincahan dan daya tahan.

Baca juga:  Kumulatif Korban Jiwa COVID-19 Bali Capai 1.000 Orang! Tambahan Kasus Masih 3 Digit

Namun, untuk cek fisik atlet dilakukan sesuai karakter dari cabang olahraganya. Iwan menjelaskan, mengetahui fisik awal atlet ini bertujuan agar nantinya para pelatih bisa membuat program latihan.

Berapa kemampuan awalnya. Hal ini sangat perlu, kalau kemampuan awal tak punya, nanti melatihnya pasti akan meraba-raba. “Tapi apabila sudah tahu kemampuan awal, otomatis latihannya bisa terprogram,” sebutnya.

Untuk cek fisik ini akan dilanjutkan dengan progres pelatihan hingga cek fisik kedua di bulan Juni. Setelah tes awal ini, hasilnya akan dianalisis oleh tim, dilanjutkan dengan memberikan rekomendasi. “Tim dalam hal ini akan duduk bersama membaca hasil tes, dan bersama membuat program latihan selama tiga bulan hingga tes fisik kedua,” katanya.

Baca juga:  Rabu Pagi, Gempa Kembali Guncang Karangasem

Sementara itu Ketua Harian KONI Gianyar, Rutawan mengatakan, hasil tes fisik ini akan dimonitoring untuk mengetahui perkembangan atlet Gianyar sebelum bertanding di Tabanan. (Agung Dharmada/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *