GIANYAR, BALIPOST.com – Ujian nasional untuk tingkat SMP secara serentak akan berlangsung, Senin (22/4) hingga Kamis (25/4). Di Gianyar, sebanyak 7.741 siswa akan mengikuti UN, berasal dari 22 SMP negeri dan 21 SMP swasta.

Dari 43 sekolah negeri maupun swasta di Gianyar yang akan menyelenggarakan UN, 26 sekolah melaksanakan UN dengan berbasis komputer (UNBK). Sisanya, 17 sekolah dengan UN kertas pensil (UNKP).

Untuk UNKP, Kamis (18/4), paket dokumen berupa soal-soal sudah tiba di Kabupaten Gianyar. Paket soal UNKP telah diserahterimakan dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali ke Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, selanjutnya diserahterimakan kepada kepala sekolah yang sekolahnya menjadi tempat titik penitipan soal. “Ada empat titik penyimpanan soal tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Gianyar,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, Drs. Made Suradnya, M.Si.

Baca juga:  Tak Dijangkau Jaringan Internet, 3 SMP di Busungbiu Tak Gelar UNBK

Lebih lanjut dijelaskan, untuk beberapa sekolah di kecamatan Blahbatuh, Ubud dan Sukawati penyimpanan dilakukan di SMP Blahbatuh. Untuk kecamatan Payangan di SMPN 2 Payangan, kecamatan Tegallalang di SMPN 3 Tegallalang, dan kecamatan Tampaksiring di SMPN 3 Tampaksiring. “Khusus kecamatan Gianyar, semua sekolah UN-nya menggunakan komputerisasi,” jelasnya didampingi Kabid Dikdas, Ni Ketut Astini. S.sos, Mpd.

Paket soal yang dititipkan di sekolah, nantinya akan dijaga keamanannya oleh pihak sekolah selama 24 jam. “Meski dalam juknis tidak diwajibkan melibatkan pihak kepolisian, namun kami sudah bersurat untuk mohon pengamanan untuk soal UN,” katanya.

Baca juga:  Kunjungan Wisatawan ke Labuan Sait Meningkat, Tangga Akses Akan Ditambah

Sementara untuk sekolah yang melaksanakan UN dengan sistem komputerisasi, Disdik juga sudah bersurat ke PLN untuk membantu kelancaran UNBK dari gangguan pemadaman listrik. Dari 26 sekolah yang melaksanakan UNBK tahun ini, sebanyak 9 sekolah melakukannya mandiri. Sedangkan 17 sekolah melakukan dengan cara penggabungan dan pinjam di sekolah SMA/SMK.

“Dilihat dari jumlah tahun ini, ada peningkatan sekolah yang melaksanakan UNBK dari tahun sebelumnya, yang hanya 13 sekolah,” jelasnya.

Baca juga:  Pertanyakan Hasil Tes Kesehatan, Belasan Ortu Calon Taruna Datangi Poltrada

Sekolah yang melaksanakan UNBK, berlangsung tiga sesi. Sesi pertama, mulai jam 7.30 – 9.30 wita. Sesi kedua, mulai jam 10.30- 13.30 wita, dan sesi ketiga mulai jam 14.00 – 16.00 wita. Sedangkan penyelenggaraan UNKP, serentak dimulai pukuk 10.30 -12.30 wita. (Agung Dharmada/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *