MANGUPURA, BALIPOST.com – Tahun ini pawai atau pengarakan ogoh-ogoh saat malam Pangerupukan akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bedanya, Polda Bali akan menilai proses pengarakan ogoh-ogoh.

Akan ada hadiah kepada pemenangnya.
“Saya akan buat agak berbeda berkaitan menjelang Nyepi, terutama untuk ogoh-ogoh di wilayah Denpasar. Akan saya lombakan bagaimana (pengarakan) ogoh-ogoh itu tertib kamtibmas,” kata Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose, Selasa (5/3), usai meresmikan Gedung Satlantas Polres Badung.

Baca juga:  Tes Taruna Akpol Saat COVID-19, Ini Harapan Kapolda

Jadi, menurut Kapolda, bukan hanya dilihat dari bagusnya. Tapi bagaimana masyarakat yang mengusung ogoh-ogoh ini bisa tertib, patuh aturan dan tidak minum miras apalagi sampai mabuk. “Akan kita nilai dan berikan hadiah. Biar agak berbeda dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Pihaknya tetap menghargai kearifan lokal, tapi yang dinilai khusus ketertiban, patuh aturan dan kemeriahan. “Bagaimana kita bisa (adakan) kegiatan ini penampilannya bagus dan juga tertib,” tandas Golose.

Baca juga:  Kapolda "Warning" Mang Jangol

Terkait pengamanan, jenderal bintang dua di pundak ini mengatakan pengamanan Nyepi merupakan operasi rutin yang dilakukan tiap tahun. Golose akan menyiagakan pasukannya. “Besok (hari ini) ada apel kesiapsiagaan dan saya langsung yang mimpin,” tandasnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *