Sayu Bella. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pengprov Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) BaIi menyiapkan empat atlet balap sepeda guna berlaga di ajang Pra PON. Mereka adalah Kevin Maulana (Denpasar /road-race), Sayu Bela (Denpasar/cross country), Omar Batista (Badung/road-race), serta Ardian Putra Pratama (Badung/BMX).

Wakil Ketua Umum Pengprov ISSI Bali, Nyoman Kertiyasa, di Denpasar, Minggu (20/1) menjelaskan, Pra PON hanya boleh menurunkan atlet U-20 mengingat PON di Papua 2020 mendatang, persyaratan usia pembalap U-21. Ia mengharapkan Bali memiliki pelatih berkualitas. Caranya mendatangkan pelatih nasional, agar memberikan teori dan praktik kepelatihan kepada para pelath di Bali. “Kami pernah mengadakan pelatihan tingkat dasar kepada para guru olahraga di sekolah, serta mantan atlet balap sepeda, Desember tahun lalu,” ujarnya.

Baca juga:  Komang Harik Adi Putra Tak Mau Remehkan Lawan

Ia pun ingin pelatihan khusus diberikan kepada pelatih agar mereka mampu mencetak atlet berbakat dan bertalenta.

Sementara Ketua Umum Pengprov ISSI Bali Wayan Mariyana Wandhira mengemukakan, selama ini teori dan praktik yang diajarkan kepada atlet, banyak yang kurang tepat, dan telah dievaluasi pada pelatihan lalu. “Yang pentung bagi kami, regenerasi atlet terus digelorakan, mulai dari event Porjar,” kata Wayan Wandhira.

Baca juga:  Gabsi Bali Seleksi Pemain Bridge

Selanjutnya, bibit yang muncul ke permukaan harus diberikan jam terbang dengan mengikuti berbagai lomba. Ia mencontohkan, Bali pernah menggelar kejuaraan terbuka kriterium pada 2018 dan berencana mengadakan even terbuka cross country di Mei 2019. “Kami lebih baik menyelenggarakan event kejurnas dan terbuka, sekaligus untuk mengukur kemampuan pembalap lokal Bali,” jelasnya.

Selain itu, bagi pembalap Pra PON perlu melakukan try-out dengan turun pada berbagai event. Mengingat jadwal Pra PON mendahului Porprov Bali. (Daniel Fajry/balipost)

Baca juga:  Dari Pengangguran Main Hajar hingga Kasus Data Meninggal COVID-19 Tak Valid
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *