Kondisi gunug agung Kamis (28/6). (BP/ist)

BANGLI, BALIPOST.com – Gunung Agung di Kabupaten Karangasem semburkan hembusan setinggi 1.500 meter, Kamis (28/6) yang mengarah ke arah Barat. Atas kondisi itu, sejumlah desa di Kintamani seperti Desa Abang Songan dan Desa Landih Bangli terpapar abu vulkanik.

Salah seorang warga dari Desa Landir, I Wayan Sumer mengungkapkan, hujan abu sudah mulai terjadi sejak siang hari sampai saat ini masih berlangsung. Kata dia, atas kondisi ini sejumlah tanaman dan kendaraan di wilayah Deda Landih terpapar abu dari Gunung Agung. “Kalau siangnya paparan abunya intensitasnya masih tipis. Tapi sore ini intensitasnya lebih tebal,” ungkapnya.

Baca juga:  Pascapandemi COVID-19, Pertanian Dikhawatirkan Kembali Ditinggalkan

Sementara itu, Kasi Kedaruratan dan Logistik I Ketut Agung Sutapa mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan sementara wilayah Desa Landih dan Abang songan terpapar abu vulkanik. “Tidak menutup kemungkinan desa-desa lain disekiranya juga terpapar hujan abu. Dan kondisi ini tidak sampai menggangu aktivitas warga. Kita juga telah sampaikan melalui jejaring komunikasi telah kita himbau untuk meningkatkan kewaspadaan,” ujar Agus Sutapa. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *