Suasana serangan teroris di Surabaya. (BP/har)

JAKARTA, BALIPOST.com-Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengutuk keras tindakan biadab ledakan bom di tiga gereja di Surabaya secara serentak yang telah merenggut sedikitnya 8 korban jiwa dan 35 luka-luka yang korbannya tidak saja orang dewasa tetapi juga anak-anak pada Minggu pagi (13/5) di saat umat Kristiani tersebut bekumpul untuk kegiatan ibadah kebaktian.

Menurut Bamsoet, panggilannya, kejadian tersebut harus menyadarkan semua pihak bahwa para pelaku teror atau teroris itu masih ada di sekitar kita.

“Hidup bersama kita. Bisa jadi mereka juga ada media sosial yang selama ini mengutuk dan mencaci maki aparat yang melakukan penindakan kepada para terduga teroris dengan tuduhan pelanggaran HAM,” ucap Bambang Soesatyo di Jakarta, Minggu (13/5).

Dan kini, sambung Bamsoet, pasca tragedi penyanderaan di Mako Brimob beberapa waktu lalu, jaringan atau sel-sel yang selama ini terkesan tidur mulai muncul ke permukaan.

“Mulai dari aksi penikaman anggota intel Polri di Depok hingga aksi peledakan bom di beberapa titik di Surabaya Minggu pagi yang memakan korban anak-anak tak berdosa. Kita tidak tahu berapa banyak lagi target mereka,” imbuhnya.

Baca juga:  Ratusan Eks Napiter Jadi Residivis Terorisme

Belum usai luka rusuh napi terorisme di Rutan Mako Brimob beberapa hari lalu, kini serangan terorisme kembali terjadi lagi di Surabaya. Indonesia sudah masuk darurat terorisme. Negara jangan lagi memberikan ruang bagi terorisme tumbuh subur di tanah air.

“Saya mengingatkan Indonesia sudah memasuki darurat terorisme. Sebab, serangan demi serangan terorisme masih terus terjadi di beberapa wilayah Indonesia,” pesannya.

Sebagai Ketua DPR RI, Bamsoet mengaku telah kehabisan kata-kata untuk mengutuk keras aksi bom bunuh diri yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa di tiga gereja di Surabaya, Minggu (13/5/2018). “Kecuali mendorong Aparat penegak hukum untuk segera mengungkap jaringan pelaku serta menindak tegas tanpa pandang bulu,” sebuntnya lirih.

Baca juga:  Dua Tewas Lakalantas, Diduga Karena Ini

Kendati demikian, ia menegaskan aksi keji peledakan bom di tiga gereja yang merenggut korban jiwa itu  seperti ini tidak bisa dibiarkan. “Tidak ada satupun ajaran agama yang memperbolehkan umatnya membunuh orang lain. Aparat keamanan harus menindak tegas pelaku dan jaringan terorisme yang terlibat,” tegasnya.

DPR meminta tindakan para pelaku harus segera diproses hukum. Sebab, apabila aparat kepolisian tidak bergerak cepat, dikhawatirkan akan ada pihak yang memprovokasi masyarakat sehingga kerukunan dan kedamaian bisa terganggu. “Saya tegaskan, negara kita tidak memberikan ruang toleransi bagi para pelaku tindakan kekerasan dan terorisme. Apalagi ini bisa mengganggu kerukunan dan keharmonisan dalam masyarakat,” ucapnya.

Badan Intelijen Negara (BIN) dan aparat Kepolisian diminta segera mengusut tuntas motif dan pelaku pengeboman secara professional, objektif dan seksama. Penjagaan di tempat-tempat ibadah juga perlu lebih ditingkatkan lagi, mengingat serangan terhadap tempat ibadah merupakan serangan terencana.

Baca juga:  Masuk Jaringan Sindikat Kartu Kredit, Dua Warga China Dibui 7 Bulan

TNI juga harus bersatu membantu Polri dalam menumpas jaringan terorisme. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebagai badan yang bertugas mengatasi masalah terorisme, harus lebih aktif dan tegas mengantisipasi pergerakan terorisme.

Masyarakat juga diminta tidak terprovokasi dengan serangan bom yang terjadi. Karena, persoalan yang terjadi bukan lah konflik antar agama. Tapi perbuatan orang-orang biadab tanpa prikemanusiaan yang tidak  perduli anda beragama Kristen, Budha bahkan Islam sekalipun.

“Mereka bunuh tanpa  ampun. Mereka seakan menikmati jeritan para korban dan tangisan anak-anak. Mari rapatkan barisan. Kinilah saatnya kita berjihad membela negara,” ajaknya.

Selain itu, masyarakat juga diminta aktif berpartisipasi melaporkan kepada aparat keamanan setempat jika menemukan atau mengetahui hal-hal yang mencurigakan. Masyarakat juga jangan mudah terprovokasi oleh berita yang belum jelas kebenarannya. Semuanya saya minta tetap tenang dan mempercayakan sepenuhnya masalah pengamanan kepada aparat Kepolisian. (hardianto/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *