PEKANBARU, BALIPOST.com – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mempertegas fokus perjuangannya membangun Indonesia dari daerah. Partai bernomor urut 13 itu meyakini untuk menjadikan Indonesia menjadi negara besar, harus dimulai dengan memajukan daerah-daerah.

Penegasan tersebut disampaikan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (rakernas) I Tahun 2018 di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Riau, Selasa (8/5). Presiden Joko Widodo yang semula diagendakan hadir, tidak sempat memberikan pidato sambutan.

Presiden hadir setelah pembukaan Rakernas usai. Pertemuan pun dilakukan tertutup di Hotel Novotel tempat Presiden Jokowi menginap. Rencananya selain membuka Rakernas, Presiden Jokowi akan meninjau sejumlah pembangunan infrastruktur di Provinsi Riau antara lain pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai.

Baca juga:  GoFood Bagikan Ribuan Tas Pengantaran Gratis ke Mitra Driver

Oesman Sapta menjelaskan, untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang beaar dan beradab, yaitu yang memiliki kehidupan lebih maju, bersatu, berdaulat, bermartabat, adil dan makmur maka terlebih dulu harus memakmurkan daerah. “Fokus perjuangan Hanura adalah membangun Indonesia dari daerah. Kenapa kita fokus pada pembangunan daerah karena sebagian besar persoalan bangsa adanya memang di daerah,” ujarnya.

Keyakinan Itu, menurut Oesman Sapta berdasarkan dari data statistik yang menunjukkan bahwa sebagian besar masalah kesejahteraan sosial, ekonom termasuk kemiskinan, pengangguran, daya beli, kesenjangan dan lainnya terjadi di desa-desa, di kampung-kampung dan daerah pinggiran. “Kalau ingin menjadikan Indonesia makmur maka makmurkan desa-desa, makmurkan kampung-kampung, makmurkan petani, makmurkan para guru, makmurkan usaha kecil dan koperasi. Dengan kata lain, makmurkan daerah,” tegasnya.

Baca juga:  BRI Gandeng Padi Reborn Pada Kick Off HUT ke-126

Untuk Itu, mengajak sekitar 25.000 kader yamg memadati arena pembukaan Rakernas dan seluruh rakyat Indonesia untuk bekerja keras membangun dan memakmurkan daerahnya. “Tiada kemakmuran bisa dicapai oleh suatu bangsa kalau daerah-daerah tidak merata kemakmurannya,” imbuhnya.

Pada bagian lain pidatonya, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu kembali mempertegas mendukung petahana Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden 2019-2024. Setelah memberikan sambutan dan memukul gong 13 kali sesuai nomor Partai Hanura sebagai peserta pemilu 2019, OSO kembali memegang microphone.

Dalam kesempatan itu, OSO juga menyampaikan informasi bahwa Ketua Dewan Pembina Hanura yang juga Menko Polhukkam Wiranto tidak bisa hadir karena sedang berada di Myanmar. Sedangkan Ketua Dewan Penasihat Partai Hanura Soebagyo HS sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Baca juga:  Jokowi Kenakan Pakaian Adat Timor Tengah Selatan

Acara Pembukaan Rakernas dihadiri oleh sejumlah perwakilan partai pendukung pemerintahan Jokowi-JK. Sejumlah pengurus DPP partai koalisi pendukung yabg hadir antara lain Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri, Ketua DPP PKB Lukman Edy, termasuk perwakilan dari Partai Demokrat yang juga hadir mewakili Ketua Umumnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Acara Pembukaan Rakernas akan dilanjutkan dengan Rakernas Partai Hanura di Hotel Aryaduta Pekanbaru hingga Rabu (9/5). (Hardianto/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *