Bayi yang ditemukan di pedagang di pasar buduk. (BP/dok)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kondisi bayi laki-laki yang ditemukan oleh warga tidak jauh dari Pasar Buduk, Desa Buduk, Kecamatan Mengwi, telah berangsur-angsur pulih. Bayi dengan berat badan 3,1 kg, panjang 52 cm, lingkar kepala 34 cm, dan lingkar dada 35 cm ditemukan warga dekat tempat sampah ini kini diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bali.

Sebelumnya, bayi berjenis kelamin laki-laki itu sempat dirawat di Ruang NICU RSUD Mangusada. Pihak rumah sakit mengaku telah menyerahkan bayi tersebut ke Dinsos Bali, pekan lalu. “Kewengannya ada di Dinas Sosial, jadi kami hanya merawat saja, bayi ini juga belum diberi nama,” ujar Kasi Humas RSUD Mangusada, Senin (13/3).

Baca juga:  Padi di Subak Bebau Diserang Tungro, Panen Anjlok

Kadis Sosial Badung Ketut Sudarsana, juga membenarkan prihal tersebut. Perawatan bayi kini dilakukan oleh provinsi dalam hal ini Dinas Sosial. “Kondisinya sudah stabil. Sekitar seminggu lalu sudah diserahkan ke provinsi, karena semua kewenangan ada disana,” ungkapnya.

Mantan Kepala BLH Badung itu mengatakan masyarakat yang berniat mengadopsi bayi tersebut dapat menghubungi Dinas Sosial Provinsi Bali. “Formulir sebagai persyaratan calon orang tua bayi ada disana, jadi silahkan langsung ke sana,” ujarnya.

Baca juga:  Pembuang Bayi dalam Kardus Ditangkap

Seperti diketahui, bayi laki-laki ditemukan warga dekat tempat sampah di Desa Buduk sekitar Pukul 04.00 wita, Minggu (25/2) lalu. Bayi tersebut ditemukan oleh seorang pedagang di pasar setempat. Saat itu, I Ketut Tewel (53)  bersama istri I Wayan Kartini (52) hendak berjualan. Saat hendak memarkir mobilnya, pasutri asal Banjar Sila Yukti, Kelurahan Kerobokan, Kuta Utara dikagetkan dengan suara tangisan bayi yang awalnya dikira suara kucing.(parwata/balipost)

Baca juga:  Tindak Lanjuti SE PPDN Terbaru, Bandara Ngurah Rai akan Lakukan Ini
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *