Tim dari BPBD Buleleng melakukan normalisasi DAS di Desa Panji mencegah terjadinya banjir bandang jika hujan deras. (BP/ist)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) di Dusun Babakan, Desa Panji, Kecamatan Sukasada, dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, Selasa (27/2). Upaya ini untuk memperlancar aliran air jika terjadi hujan deras sehingga tidak terjadi banjir bandang seperti sebelumnya.

Selain normalisasi DAS, personel BPBD juga membuat tanggul di pinggir jalan yang longsor beberapa waktu lalu. Tanggul ini dibuat untuk membentengi tanah sehingga air tidak menggerus dan memicu longsor.

Baca juga:  Dari Derita Ibu Kakak Adik yang Meninggal Tenggelam di Sungai hingga Belum Ada Keluhan Pengalihan Arus Lalin di Penelokan

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng Made Subur didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan Ketut Sensus mengatakan, normalisasi dan pemasangan tanggul ini upaya sementara untuk menghindari terjadinya banjir susulan. Pascabanjir bandang beberapa waktu lalu, DAS di Dusun Babakan dipenuhi bongkahan beton hingga rumpun bambu. Jika situasi ini dibiarkan, dikhawatirkan kalau hujan deras volume air yang besar kembali tertahan sehingga memicu banjir susulan.

Menghindari air akan menggerus tanah di pinggir jalan tersebut, tanggul yang dibuat dengan karung plastik berisi pasir ditumpukkan di sisi jalan. Upaya ini menunggu penguatan senderan jalan dilakukan secara permanen oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Buleleng. (Mudiarta/balipost)

Baca juga:  Pascabanjir Bandang, Ratusan KK Krisis Air Bersih
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *