JAKARTA, BALIPOST.com – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Zulhasan) mendukung penuh peran perempuan sebagai pengusaha. Menurut Zulhasan, wirausaha adalah jalan kemandirian bangsa.

“Perempuan yang menjadi pengusaha itu mulia. Dengan wirausaha, kita bisa menolong banyak orang. Dengan wirausaha kita bisa membuka lapangan kerja baru,” kata Zulhasan saat menyampaikan acara HUT 43 Tahun Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) di Gedung Nusantara V MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/2).

Baca juga:  Komunitas, Simpul Penjaga Persatuan

Acara ini dihadiri 600 lebih anggota dan Pengurus IWAPI dari seluruh Indonesia dengan latar belakang profesi usaha yang beragam.

Zulhasan menjelaskan, setiap tahun bangsa Indonesia mempunyai angkatan kerja sebanyak 2,7 juta orang. Separuh dari angkatan kerja itu adalah angkatan kerja baru, seperti baru lulus sekolah atau kuliah. “Sayangnya daya serap kerja hanya mampu menampung 1 juta orang. Dari sinilah pentingnya memperbanyak jumlah pengusaha muda baru,”

Baca juga:  UE Tayangkan 74 Film Secara Gratis

Dari sinilah, ia mendorong agar IWAPI ikut menciptakan wirausahawan. Agar organisasi yang lahir pada tahun 1975 itu bisa mencetak para wirausahawan maka pemerintah disebut harus berpihak pada IWAPI. “IWAPI harus diberi peluang dan kesempatan serta dilibatkan lebih massif dalam proses pembangunan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum IWAPI, Dyah Anita Prihapsari mengungkapkan keluhan dan sejumlah hambatan yang dialami pengusaha terutama kalangan pengusaha perempuan antara lain mengenai perijinan dan pajak dalam dunia usaha serta bantuan modal untuk IWAPI.

Baca juga:  Bali Jangan Hanya Andalkan Pariwisata

“Pak Zul ini yang selalu berani bersuara bela rakyat. Jadi IWAPI curhat biar perijinan mudah, Kami tolong disuarakan kesulitan ibu ibu untuk memulai usaha ini,” tegas Nita. (Hardianto/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *