Bambang Soesatyo. (BP/dok)

JAKARTA, BALIPOST.com – Ketua DPR Bambang Soesatyo mendesak pemerintah daerah merealisasikan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari APBD. Menurutnya, bentuk keseriusan daerah dalam meningkatkan pendidikan bisa terlihat pada pengalokasian dana di APBD.

“Komitmen pemerintah daerah dalam mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk sektor pendidikan dinilai masih belum efektif,” kata Bamsoet panggilan akrabnya di Jakarta, Senin (12/2).

Penegasan tersebut disampaikannya guna merespons ketidakseriusan pemda dalam mengalokasikan 20 persen dana dari APBD untuk sektor pendidikan. Padahal, jumlah dana transfer dari pemerintah pusat ke daerah meningkat.

Baca juga:  Sudah Dua Kali Diperpanjang, DPR Diminta Segera Uji Calon Anggota KPPU

Di tingkat pusat, DPR juga akan mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar lebih sinkron dalam hal penggunaan anggaran pendidikan di APBD.

“Meminta Komisi X mendesak Kemendikbud untuk mendorong pemda mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk pendidikan,” tegasnya.

Selain itu, Bamsoet juga meminta Komisi X DPR mengevaluasi pengalokasian dana 20 persen dari APBD untuk pendidikan. “Sehingga target dari pembangunan pendidikan oleh pemerintah dapat tercapai dan tepat sasaran,” tandasnya. (Hardianto/balipost)

Baca juga:  Wabup Ketut Suiasa Hadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Se-Indonesia
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *