Kedelai (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Selain susu sapi dan kambing, kehadiran akan susu kedelai juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, susu kedelai memang telah menjadi alternatif pilihan untuk mengonsumsi susu selain susu sapi dan kambing.

Banyak nutrisi yang terkandung dalam susu kedelai, seperti protein, gula, serat makanan dan lemak yang baik. Lalu mengandung kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan zinc.

Tak hanya itu, susu kedelai ini juga diketahui mempunyai berbagai vitamin seperti folat, thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Serta mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, tak jenuh tunggal, dan tak jenuh ganda, yang mana kesemua nutrisi ini dapat membantu dalam menjaga kesehatan.

Karena kandungannya ini, banyak manfaat yang bisa diperoleh saat mengonsumsi susu kedelai, berikut ini di antaranya :

Baca juga:  Atur Halalbihalal Idulfitri, Mendagri Keluarkan SE

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Susu kedelai disebutkan mengandung protein yang penting untuk pertumbuhan, yakni protein yang terbuat dari asam amino yang terbukti memiliki manfaat dalam mencegah berbagai gangguan kesehatan. Kandungan asam amino dan isoflavon protein kedelai juga membantu menurunkan kolesterol LDL. Penelitian lain telah menunjukkan bahwa konsumsi isoflavon kedelai mengurangi kadar kolesterol serum pada pria lanjut usia. Jadi, bisa dibilang asupan susu kedelai adalah cara efektif untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

2. Meringankan penyakit pasca-menopause

Selain kesehatan jantung, studi menunjukkan bahwa isoflavon di dalam susu kedelai dapat membantu mempertahankan kadar estrogen pada wanita menopause. Asupan susu kedelai oleh wanita pasca menopause dapat membantu mencegah penyakit yang mungkin terjadi karena hilangnya hormon estrogen alami.. Efek antioksidan dari isoflavon kedelai selanjutnya dapat bermanfaat dalam pengurangan penyakit kronis tertentu, terutama pada penyakit sistem kardiovaskular.

Baca juga:  Wujud Kepedulian Kesehatan Krama Bali, Jasa Raharja Bangun MCK di Desa Adat Sengkiding

3. Meringankan osteoporosis

Susu kedelai disebutkan bermanfaat terkait soal osteoporosis pada wanita pasca menopause. Osteoporosis adalah risiko pada wanita pada usia pascamenopause, biasanya dikenal sebagai tulang rapuh, kehilangan kalsium berkontribusi terhadap risiko pengembangan penyakit ini. Karena semakin banyak susu kedelai juga diperkaya dengan kalsium, sehingga bisa dibilang bahwa susu kedelai dapat membantu dalam mempertahankan dan memberikan suplemen ke tubuh.

4. Mencegah kanker

Menurut sebuah penelitian, konsumsi susu kedelai bisa mengurangi kadar estrogen serum dan mengurangi risiko kanker payudara. Kanker payudara biasa terjadi pada wanita dan kadar estrogen terkait dengan jenis kanker ini. Terutama, wanita pasca-menopause yang disebutkan berisiko tinggi terkena kanker payudara.

Baca juga:  Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Selain itu, dari hasil sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa pria yang punya konsumsi susu kedelai tinggi berisiko rendah mengalami kanker prostat.

5. Antioksidan

Susu kedelai dapat bekerja sebagai antioksidan yang hadir sebagai efek dari adanya kandungan isoflavon, antioksidan ini dapat bermanfaat terhadap penyakit kronis tertentu. Dadih susu kedelai memiliki sifat antioksidan dan hepatoprotektif, yang bisa membantu mengurangi stres oksidatif dan juga kerusakan, salah satunya kerusakan hati yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Selain itu, temuan penelitian lain menunjukkan bahwa sifat antioksidan susu kedelai dapat membantu meningkatkan kapasitas antioksidan dan mengurangi gejala menopause pada wanita. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *