Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tidak sedikit orang yang memiliki kegemaran minum bir setiap hari. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, Anda patut waspada. Ini karena kebiasaan minum bir setiap hari dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Berikut sejumlah gangguan kesehatan akibat minum bir setiap hari, dikutip dari klikdokter.com :

1. Ketergantungan alkohol

Ketika Anda minum bir dalam jumlah banyak dan terus-menerus, bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengatur motivasi, stres, dan kesenangan akan mengalami gangguan. Hal ini dapat terjadi, khususnya jika Anda terpapar dengan alkohol secara berulang.

Baca juga:  Isu RUU Larangan Mikol Bikin Pembuat Arak Resah

Selain itu, tingkat toleransi tubuh terhadap alkohol juga semakin meningkat, hingga akhirnya Anda akan berakhir pada kondisi ketergantungan alkohol. Keadaan ini bisa menyebabkan berbagai gangguan sistem saraf, termasuk gangguan mental, yang ujung-ujungnya membuat kualitas hidup Anda menurun.

2. Perlemakan hati

Minum alkohol sebanyak 30 gram atau lebih dalam sehari dapat menyebabkan terjadinya perlemakan hati. Kondisi ini ditandai dengan adanya lemak pada hati, yang melebihi kadar seharusnya.

Baca juga:  Pascamatinya Ratusan Babi di Bila, BVet Ambil Sampel

Perlemakan hati dapat menyebabkan berbagai gangguan hati, khususnya peningkatan risiko pengerasan hati dan kanker hati.

3. Penyakit gout

Seorang peminum bir juga memiliki risiko tinggi terserang penyakit gout. Ini adalah penyakit yang ditandai dengan penumpukan kristal monosodium urat di dalam ataupun di sekitar persendian.

Penumpukan kristal pada penyakit gout dapat menyebabkan peradangan sendi dan menimbulkan berbagai keluhan, salah satunya nyeri sendi. (Goes Arya/balipost)

Baca juga:  Menkes Sarankan Pengungsi Jangan Ditempatkan di Tenda
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *