Menpar Arief Yahya. (BP/dok)

JAKARTA, BALIPOST.com – Dunia pariwisata Indonesia kembali ter-upgrade. Nama Indonesia bakal kembali harum. Pasalnya, dua wakil Indonesia masuk menjadi nominator di ajang United Nation World Tourism Organization (UNWTO) Award 2018 dengan kategori Non-Government Innovation. Mereka adalah The Sumba Hospitality Foundation dan Triponyu.com.

Dipilihnya dua nama tersebut bukan tanpa sebab. Lantaran, inovasi mereka telah memberikan inspirasi bagi dunia pariwisata. “Ada dua wakil Indonesia di sana, itu luar biasa. Penghargaan ini sangat bergengsi,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Ajang bergengsi ini diikuti 128 initiatives dari 55 negara termasuk Indonesia. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan dalam ajang 14th UNWTO Awards Ceremony di North Auditorium, IFEMA – FITUR, Madrid, Spanyol, Rabu (17/2).

Lantas, inspirasi apa yang diberikan The Sumba Hospitality Foundation ? Berada di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, yayasan ini fokus pada aksi sosial. Basic mereka pendidikan, khususnya pengembangan pariwisata. Mereka pun punya sekolah perhotelan.

Baca juga:  MK Putuskan Anggota DPD Dilarang Jadi Pengurus Parpol

Aksi nyata dilakukan. Yayasan tersebut mencoba memutus kemiskinan melalui pariwisata. Bukan hanya itu, yayasan tersebut juga fokus mengembangkan green hotel. Konsep tradisional pun dikembangkan hotel tersebut. Bukan saja sebagi bisnis, tetapi hotel ini juga menjadi bagian pembelajaran siswa.

Di hotel ini para siswa belajar metode housekeeping dan room service yang benar. Mengedepankan tradisi, Sumba juga mengembangkan restoran. Kerennya lagi, konsep go green ditegaskan melalui sistem pertanian organik yang dikembangkan siswa mereka.

“Mengedepankan go green, Sumba selalu memberdayakan peran masyarakat lokal. Tekanan sosial dan lingkungan pun seimbang di sana. Kekuatan inilah yang mengantar Sumba menjadi nominator,” terang Menteri asal Banyuwangi tersebut.

Baca juga:  Ini Dia, Travel Mart Keren yang Didukung Kemenpar di Karangasem

Bagaimana dengan Triponyu.com? Mereka adalah platform bisnis pariwisata yang unik. Platform tersebut menghubungkan para traveler dengan local guides. Bukan sebatas guide wisata tetapi lebih menjadi teman seperjalanan. Konsepnya paten, para local guides ini dilatih untuk menawarkan ide-ide kreatif dalam paket-paket wisata.

Kerennya lagi, local guides ini adalah masyarakat di sekitar area destinasi pariwisata. Dengan platform tersebut kini masyarakat dapat merasakan langsung manisnya pariwisata. “Triponyu sangat responsif menangkap peluang. Menciptakan aplikasi transaksi khusus pariwisata itu luar biasa. Teknologi memang harus dimanfaatkan untuk kepentingan sosial. Triponyu melakukan itu bersama para local guides-nya. Ini sinergi yang menginspirasi,” ujar Arief lagi.

Memberdayakan masyarakat Solo bahkan Jawa Tengah, konsep Triponyu berpengaruh besar. Lapangan pekerjaan pun tercipta. Kesejahteraan masyarakat terkatrol.

Buktinya, share transaksi melalui Triponyu sebesar 93% menjadi miliki para local guides. Memupuk kesadaran masyarakat, fungsi ganda tercapai.

Baca juga:  Dua Lagi, Napi Tewas di Lapas Tangerang Teridentifikasi

Masyarakat menjadi sejahtera, tapi cagar budaya dan alam tetap terjaga lestari. “Triponyu dan Sumba memang inspirasi bagi dunia. Upaya mereka memberi dampak positif yang besar bagi masyarakat juga lingkungan. Kami berharap, Triponyu atau Sumba yang menjadi pemenang untuk kategori Non-Government Innovation. Inovasi mereka lebih riil dari yang lain,” tegasnya.

Lalu, siapa lawan Triponyu dan Sumba? Indonesia harus bersaing dengan nominator Italia dan Mexico. Italia mengirimkan Festival of Responsible Tourism. Sedangkan Mexico mengirim komunitas Grupo Ecologico
Sierra Gorda. “Peluang kita terbuka lebar dengan 2 wakil yang ada. Mari bersama kita doakan wakil Indonesia menjadi pemenang diajang tersebut. Sehingga nama Indonesia semakin berkibar di dunia internasional,” ajak Menpar Arief Yahya. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *