dana kampanye
Pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Bali dalam Pilkada Bali 2018. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Seluruh bakal pasangan calon dalam Pilkada serentak di Bali mengikuti tes psikologi di Kantor KPU Bali, Sabtu (13/1). Baik bakal pasangan calon untuk Pilgub Bali, maupun bakal pasangan calon untuk Pilkada Klungkung dan Gianyar. Seluruh peserta tiba sekitar pukul 07.30 WITA.

Sebelumnya, Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Wilayah Bali, Retno IG Kusuma mengatakan, proses pemeriksaan kesehatan aspek psikologi rohani ini akan berlangsung sekitar 6 sampai 7 jam. Oleh karena itu, peserta harus menyiapkan kondisi sebaik mungkin seperti cukup tidur serta cukup makan dan minum, selain mempersiapkan psikologisnya.

Baca juga:  Gerindra Masih Jajaki Koalisi di Pilgub 2018

“Peserta tidak perlu mempelajari materi tertentu terkait pemeriksaan ini, sebab tidak berkaitan dengan pengetahuan tertentu yang harus dipelajari sebelumnya,” ujarnya.

Menurut Retno, usia atau bakat tertentu seperti seni juga tidak akan mempengaruhi aspek pemeriksaan yang terbagi dalam tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis dimulai pukul 09.00 hingga 11.30 Wita.

Saat tes tertulis, bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur berada dalam satu ruangan tes. Sementara bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Klungkung dan Gianyar berada di satu ruangan tes lainnya.

Baca juga:  Wisatawan Kerap Keluhkan "Jogging Track" di Sanur Minim Penerangan

“Tes wawancara dimulai pukul 12.00 siang. Setiap peserta akan diwawancarai oleh tiga oleh psikolog selama kurang lebih 60 menit,” imbuhnya.

Retno menambahkan, tes wawancara dilakukan terhadap setiap peserta secara individual di ruang wawancara. Dalam hal ini, setiap wilayah memiliki ruang wawancara tersendiri sehingga tersedia 3 ruang wawancara terpisah. (Rindra Devita/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *