Petugas XL melakukan pemeliharaan jaringan. (BP/dok)

JAKARTA, BALIPOST.com – Trafik layanan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pada liburan pergantian tahun 2017/2018 mengalami peningkatan yang melebihi trafik di hari biasa dan trafik di periode yang sama tahun lalu. Peningkatan trafik data terlihat terjadi di sepanjang 28 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Selama 5 hari tersebut, trafik data secara rata-rata meningkat dari hari-hari biasa dan puncaknya pada malam pergantian tahun baru hingga 1 Januari 2018 yang mencapai sekitar 20 persen.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada periode liburan pergantian tahun 2016/2017, kenaikan trafik data mencapai 160 persen di 1 Januari 2018, bahkan untuk trafik layanan 4G LTE mencapai 300 persen di tanggal yang sama. Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya menyebutkan, trend kenaikan trafik akses video melalui layanan YouTube di liburan Natal, berlanjut pada periode pergantian tahun dan mencapai kenaikan 15 kali lipat. Sementara kenaikan trafik berbagai layanan data terjadi di sebagian besar wilayah layanan XL Axiata.

Baca juga:  UMP Bali Naik Rp 170 Ribu

Menurutnya, hal ini merupakan hasil dari upaya sepanjang tahun 2017, dimana XL Axiata secara masif telah memperluas jangkauan jaringan internet cepat, baik 3G U900 maupun 4G LTE, di berbagai daerah, termasuk di ratusan kota/kabupaten di luar Jawa. “Selain akses ke layanan data dan video streaming dan social media menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut, kenaikan trafik yang kami raih juga tidak terlepas dengan semakin nyamannya pelanggan menggunakan layanann 4G LTE di berbagai daerah. Hingga akhir Desember 2017, kota/kabupaten yang telah terjangkau layanan internet berkecepatan tinggi ini telah mencapai 360 kota, dengan jumlah pelanggan yang tentu juga terus meningkat. Dengan 4G LTE, akses ke konten-konten video dan film menjadi semakin baik dan nyaman untuk dinikmati.”

Baca juga:  XL Siap Hadapi Nataru di Bali

Pelanggan XL Axiata juga mengisi liburan panjang Natal dan berlanjut Tahun Baru 2018 dengan beraktivitas melalui beragam sosial media. Facebook, Twitter, Instagram, LINE, dan Youtube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital. Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform tersebut naik sebesar 15 persen, di puncak malam tahun baru kenaikannya mencapai sekitar 60 persen.

Akses ke aplikasi Whatsapp menjadi yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70 persen. Bahkan di malam tahun baru naik sampai dengan 1.000 persen dibandingkan malam biasanya. Dari beragam media sosial tersebut, pelanggan mengakses informasi berita yang disediakan media, menyampaikan pesan pribadi, chatting, berbagi video live streaming, bahkan juga melakukan belanja.

Baca juga:  Kunjungan Tiongkok Merosot, Badung Terus Genjot Promosi

Sementara itu, kaum muda banyak mengakses layanan video di Youtube. Selain itu, akses ke video atau film juga banyak dilakukan di website atau aplikasi penyedia video on demand antara lain iflix.

Terkait area dengan kenaikan trafik tertinggi, wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat menyumbang kenaikan tertinggi dengan 29 persen dan 21 persen. Untuk wilayah kota besar lainnya di luar Jawa seperti Medan naik sekitar 5 persen, Makassar 4 persen, Palembang 21 persen, Pontianak 22 persen dan Lampung 22 persen. Sementara itu, di daerah tujuan wisata utama Bali, terjadi kenaikan sebesar 24 persen, Yogyakarta 27 persen, Bandung 13 persen. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *