NEGARA, BALIPOST.com – Belasan sepeda motor ber-knalpot “brong” diamankan petugas saat perayaan Tahun Baru di Kota Negara, Minggu (31/12) malam. Konvoi sepeda motor yang dilakukan anak muda ini selain menimbulkan tidak nyaman (berisik), juga membahayakan pengguna jalan lainnya. Bahkan diantara remaja yang mengendarai sepeda motor tanpa helm ini, diketahui mabuk.

Petugas gabungan dari Kepolisian dan TNI yang melakukan pengamanan di sepanjang jalan Ngurah Rai, menindak para pengendara yang melanggar tersebut. Dari pengamatan, penertiban ini dilakukan di depan Pasar Umum Negara sekitar pukul 23.00 Wita. Saat terjadi kerumunan kendaraan, sejumlah pengendara nampak menggeber gas sepeda motor berknalpot “brong” sehingga timbul suara bising. Petugas yang mendapati hal tersebut langsung mengamankan mereka. Beberapa pengendara nekat menerobos ketika dihentikan petugas. Sempat terjadi pengejaran dan kendaraan dihentikan paksa. Setelah diamankan di tepi jalan, mereka langsung ditilang oleh petugas dari Satlantas Polres Jembrana.
Kabag Ops Polres Jembrana, Kompol M. Didik Wiratmoko sempat terjun langsung mengamankan para pengendara motor knalpot brong tersebut. Selain mengamankan belasan sepeda motor tak standar, polisi juga mengamankan meriam rakitan dari pipa peralon.

Baca juga:  All New Honda PCX Produksi Dalam Negeri Diluncurkan di Bali

Kompol Didik mengatakan sejatinya Polres sudah berupaya menekan penggunaan knalpot brong ini pada konvoi dengan mengedarkan imbauan ke bengkel-bengkel. Namun, ternyata masih ada bahkan berkendara secara berlebihan serta membahayakan pengendara itu sendiri dan pengendara lain. Karena itu petugas melakukan upaya penertiban di jalan Ngurah Rai yang menjadi titik kepadatan kendaraan. Selain ditilang, para pengendara yang sebagian besar masih remaja ini diberikan pembinaan. Salah satu pelanggar, mengaku dirinya sempat pesta minuman sebelum akhirnya konvoi keliling kota.

Baca juga:  Pohon Timpa Mobil dan Sepeda Motor

Kasat Lantas Polres Jembrana, AKP Nyoman Sukadana menambahkan setelah ditilang, seluruh sepeda motor berknalpot brong tersebut diamankan di Polres Jembrana. “Sementara kita amankan dulu, selain knalpot brong ada yang tidak berisi surat kendaran,” tandas Sukadana. Total sepeda motor yang diamankan di Mapolres Jembrana sebanyak 13 unit. Secara umum, arus lalu lintas saat perayaan Tahun Baru di Kota Negara berlangsung aman. Kendati diterapkan pengalihan arus kendaraan dari Jalan Sudirman, tetapi arus masih lancar (surya dharma/balipost)

Baca juga:  Oknum Polisi Jadi Kurir Narkoba Divonis Lebih Rendah dari Tuntutan
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *