JAKARTA, BALIPOST.com – Virus serta semangat untuk mengangkat dan mempromosikan potensi pariwisata Indonesia di luar negeri melalui media sosial semakin luas. Setelah di Singapura dan Tiongkok, kini giliran komunitas Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Thailand yang akan diresmikan.

Inilah komunitas yang aktif di media sosial, dan siap mempromosikan pariwisata Indonesia dari Negeri Gajah Putih, Thailand.

Nantinya mereka akan membantu memviralkan berbagai hal terkait pariwisata di Indonesia. Mulai dari foto-foto, video, grafis, text story dari destinasi wisata dan juga calender of events yang diproduksi oleh GenPI (Generasi Pesona Indonesia).

Rencananya Generasi Wonderful Indonesia di Thailand akan resmi diluncurkan pada 20 November 2017 di CentralWorld, Bangkok. Akan turut hadir Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara serta Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi Don Kardono.

Baca juga:  Berstatus Tersangka, Haris Azhar Penuhi Panggilan Penyidik Polda Metro Jaya

Ukus Kuswara mengatakan, saat ini di tengah perkembangan teknologi informasi, dunia digital dan sosial media memegang peranan penting. Saat ini media sosial sudah menjadi salah satu alat penyebar informasi yang utama karena efektifitasnya.

“Saat ini orang search and share melalui digital. Sehingga kehadiran GenWI di Thailand ini akan semakin mempopulerkan pariwisata Indonesia. Terlebih digerakkan oleh mereka komunitas di media sosial,” ujar Ukus.

Zaman dulu, kata Ukus, ada istilah mulutmu harimaumu. Kini, sudah bergeser, jemarimu pesonamu. “Jadikan momentum ini sebagai cara untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, yang sudah menjadi leading sector dan core economy bangsa,” tuturnya.

Sementara Don Kardono menambahkan, kehadiran Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) di Thailand nanti diharapkan dapat menjadi ujung tombak penyebaran informasi secara viral (branding).

Baca juga:  Ratu Hemas Terancam Diberhentikan Tetap

“Dan juga secara nyata dapat berkontribusi mendatangkan wisman, terutama dari Thailand ke Indonesia,” ujar Don.

Seperti diketahui, tahun ini kunjungan wisman dari Thailand ke Indonesia ditargetkan mencapai 118 ribu wisatawan.

Lebih lanjut Don mengatakan, pada peluncuran GenWI Thailand nanti sebelumnya juga akan membahas mengenai program-program promosi Wonderful Indonesia dan pembentukan koordinator wilayah untuk GenWI Thailand.

“Serta akan membentuk wadah untuk membicarakan program-program promosi Wonderful Indonesia tersebut ke depannya,” ujar Don.

Baca juga:  Stt... Rakornas Pariwisata III 2017 Kali ini Betul-betul Fenomenal

Menteri Pariwisata Arief Yahya selalu mengapresiasi atas kontribusi dan dukungan penuh dari komunitas GenPI dan genWI. Apa yang mereka lakukan tidak bisa dipandang sebelah mata. Kontribusi mereka selama ini sudah terbukti.

Berbagai hal terkait pariwisata Indonesia tersebar luas. Bahkan komunitas GenPI dengan kreatifitasnya membentuk atraksi wisata dengan melibatkan masyarakat.

“Seperti Pasar Karetan yang terbukti heboh dan diminati masyarakat,” ujar Menpar Arief Yahya.

Untuk itu ia berharap dengan hadirnya GenWI Thailand nanti dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pariwisata Indonesia. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *