Ilustrasi. (BP/ist)
LOMBOK, BALIPOST.com – Menikmati keindahan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), tidak melulu harus dilakukan pada siang hari. Mataram juga menawarkan eksotisme dan pengalaman menyenangkan saat matahari sudah terbenam.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Mataram pada malam hari, silakan mengikuti Mataram Night Ride 2017, Sabtu (11/11). Menpar Arief Yahya menyebut, bahkan Islamic Center di Mataram Lombok juga sudah dihias dengan lighting yang mirip Masjid Nabawi.

Event itu mengambil rute Taman Sangkareang, Bundaran Karang Jangkong, Jalan Bung Hatta, Jalan Bung Karno, Jalan Sriwijaya, Jalan Majapahit, Jalan Yos Sudarso, Jalan Pabean (Kota Tua Ampenan), Jalan Langko, Penjanggik, dan kembali ke Sangkareang. “Peserta yang mendaftar untuk kegiatan Mataram Night Ride sampai hari ini sudah mencapai lebih dari 1.000 orang,” kata Sekertaris Dinas Pariwisata Kota Mataram Abdul Hamid, Selasa (7/11).

Baca juga:  Tari Payung Pajajaran Bogor Semarakkan HUT RI di Istana Negara

Dia menambahkan, rute dalam Mataram Night Ride 2017 berbeda dibandingkan event serupa tahun-tahun sebelumnya.
Kali ini, jalur yang ditempuh diperpendek dan mengambil jalan tengah kota. Biasanya, Mataram Night Ride mengambil rute jalan pinggir kota.

Hal itu dilakukan dengan berbagai pertimbangan dan evaluasi Mataram Night Ride tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya keamanan, terutama di jalan yang kurang penerangan dan tanjakan. “Untuk kegiatan Mataram Night Ride kami memang mengharuskan peserta memasang lampu pada sepeda yang digunakan. Namun, terkadang ada saja yang tidak sehingga mengganggu kenyamanan,” kata Abdul.

Baca juga:  Omicron Sudah Masuk ke Indonesia, Masyarakat Diminta Tak Panik

Abdul menjelaskan, kegiatan sepeda wisata pada malam hari di Kota Mataram merupakan salah satu kalender pariwisata 2017. Event itu juga berguna mendongkrak pamor pariwisata Mataram.

Menurut Abdul, kegiatan sepeda wisata malam merupakan salah satu upaya promosi pariwisata dengan melihat dari dekat keindahan Kota Mataram pada malam hari. Abdul menuturkan, siapa pun bisa berpartisipasi dalam Mataram Night Ride. Tidak hanya warga lokal, wisatawan domestik dan mancanegara yang sedang berlibur di Mataram juga boleh ikut serta.

Baca juga:  Libur Lebaran 2023, Okupansi Hotel Capai 90 Persen

Dinas Pariwisata Kota Mataram juga tidak menetapkan persyaratan berat untuk para peserta. Anda yang ingin ambil bagian hanya perlu menunjukkkan identitas diri. Setelah itu, panitia pelaksana (panpel) akan memberi kaus dan nomor peserta. “Kami menyiapkan hadiah menarik bagi peserta yang beruntung. Target kami peserta akan mencapai sekitar 3.000 orang,” kata Abdul. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *