MAKASSAR, BALIPOST.com – Dua even besar akan berlangsung di Sulawesi Selatan. Pertama, event Takabonerate Island Expedition dan Lovely Toraja.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan datang ke dua acara besar ini. Jokowi akan hadir dan meramaikan Lovely Toraja pada Desember mendatang, sedangkan Jusuf Kalla dijadwalkan menghadiri Event Takabonerate Island Expedition di Kabupaten Kepulauan Selayar pada 27-29 November 2017.

Kehadiran dua pimpinan negeri ini tentunya akan menyedot perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Khusus Takabonerate Island Ekspedition, JK malah memboyong sejumlah menteri ke Kepulauan Selayar. Pada acara tersebut wapres akan melakukan penandatanganan MoU dengan Konsorsium Sampoerna.

Penandatanganan MoU ini merupakan awal dari pembangunan megaproyek penunjang industri pariwisata seperti lapangan golf, resort, hotel bintang lima, rumah sakit internasional, sarana telekomunikasi.

Baca juga:  Bencana Landa Lima Kabupaten di Hari Idul Fitri

Pemprov Sulsel sudah melakukan rapat koordinasi terkait rencana kehadiran presiden dan wakil presiden. Rapat digelar di ruang rapat Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Selasa (19/9).

Soal even terdekat, yakni Takabonerate Island Expedition, Pemerintah Kabupaten Selayar telah menyusun persiapan matang untuk menyambut Wapres JK.

“Tadi sudah dirapatkan di pemprov terkait rencana kedatangan Pak JK. Kita sangat berterima kasih, orang kedua di negara Republik Indonesia ini datang ke Selayar. Tentunya ini ada manfaat untuk Kabupaten Selayar dengan datangnya beliau,” ujar Bupati Kepulauan Selayar, Muh Basli Ali.

Selain penandatanganan MoU, Kalla juga akan meresmikan sejumlah proyek pemerintah yang baru selesai.  “Ada beberapa, seperti pelabuhan dan bandar udara, juga tentunya nanti kita harapkan Pak JK akan meresmikan penandatanganan beberapa investasi di Kabupaten Selayar, khususnya di sektor perikanan, pertanian, dan sektor pariwisata,” ujar Basli Ali yang juga selaku Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir seluruh Indonesia (Aspeksindo).

Baca juga:  Sebulan Penuh, 10 Bus Wonderful Indonesia Wara-Wiri di Washington DC

Puncak even Takabonerate sekaligus dirangkaikan dengan perayaan Hari Jadi Selayar ke-412 tahun ini. Karena itu, Selayar sangat siap menyambut dan memberi kejutan manis kepada Wapres JK.

“Kita akan perlihatkan kepada beliau. Dan Insya Allah ada juga pemberian gelar adat kepada Pak JK. Gelar adat ini kita akan rapatkan dulu dengan dewan adat, karena tidak sembarang,’’ katanya.

Sama seperti Jokowi yang menjadi nama sebuah pulau di kawasan tersebut, nama Kalla juga akan menjadi nama sebuah pulau.  ”Ini adalah bentuk apresiasi kami, apresiasi masyarakat, dengan memberikan nama ‘Jokowi Island’ dan Jusuf Kalla Island untuk sebuah pulau di wilayah kami. Bukan sekadar penghargaan, pemberian nama itu juga untuk menarik perhatian wisatawan,” ujar Basli Ali.

Baca juga:  Nasional Tambahkan Seratusan Kasus COVID-19

Basli mengatakan, hal ini dilakukan karena pihaknya juga sadar bahwa pariwisata menjadi salah satu andalan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Terbukti, menurut Basli,  berkat perhatian Presiden  dan upaya keras Kementerian Pariwisata (Kemenpar), berbagai hasil manis dikecap. Mulai dari sederet penghargaan wisata internasional sampai lahirnya beragam gebrakan wisata menarik. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *