SMAN
Tim Penilai Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Propinsi , melakukan penilaian terhadap perpustakaan SMAN 1 Dawan Klungkung. (BP/dwa)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – SMAN 1 Dawan dipercaya mewakili Kabupaten Klungkung dalam lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Propinsi Bali. Tim Penilai Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Propinsi, melakukan penilaian terhadap perpustakaan SMAN 1 Dawan Klungkung, Jumat (12/3) bertempat di Aula Santi Kumara SMAN 1 Dawan.

Menurut laporan Kepala Sekolah SMAN 1 Dawan I Made Mardika, dipilihnya SMA Negeri 1 Dawan untuk mengikuti lomba ini karena sekolah ini dinilai telah memiliki sarana prasarana pendukung serta ditunjang dengan 3 orang tenaga pustakawan yang memadai. SMAN 1 Dawan dianggap telah mampu mengelola perpustakaan di sekolah. Sekolah pun membiasakan siswanya untuk membaca di perpustakaan selama 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai.

Baca juga:  Sekolah Sulit Diakses, DAPD Usulkan Motor Perpustakaan Keliling

“Kami telah berkomitmen, perpustakaan sekolah ini dikembangkan bukan hanya sebatas ketika mengikuti kegiatan lomba saja. Akan tetapi ini merupakan suatu kebutuhan semua siswa. Sesuai visi yang diemban melalui lomba perpustakaan kita tingkatkan minat listerasi untuk mewujudkan generasi yang cerdas, santun dan inovatif. “ungkap Made Mahendra.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutanyan menyampaikan harapan agar perpustakaan mampu berkembang dan mempunyai peran yang sangat penting dan bermanfaat. Disamping sebagai penunjang dalam  penurunan angka kemiskinan juga mampu mencegah buta aksara dan menjadikan anak didik menjadi cerdas.

Perpustakaan tentunya harus memiliki ruang baca yang bersih dan nyaman serta banyak koleksi buku. “Semakin kita tidak pernah membaca akan menjadi semakin buta/tidak tahu perkembangan,” terang Bupati Suwirta.

Baca juga:  Pendidikan Kacau, PGRI Karangasem Minta Langkah-langkah Ini Dilakukan

Putu Landriwati selaku kepala perpustakaan SMAN 1 Dawan   mengungkapkan, selaku pustakawan dirinya merasa bangga karena perpustakaan sekolah SMAN 1 Dawan dipercaya mewakili Klungkung ke tingkat Provinsi Bali. Banyak pembenahan dan persiapan yang sudah dilakukan dalam menghadapi lomba ini seperti banyaknya kolesi buku bacaan dan jumlah buku yang tersedia disini. “Disini siswa bisa menggali ilmu melalui perpustakaan sebagai sumber ilmu selain belajar di kelas, dapat menambah wawasan, apalagi jumlah koleksi bukunya mencapai ribuan judul,” bebernya.

Baca juga:  Wujudkan Bali Era Baru, Seluruh Komponen Diharapkan Ikut Berpartisipasi

Sementara Ketua tim penilai lomba Ida Bagus Yudi  Dananjaya. menyatakan salut terhadap persiapan yang dilakukan SMAN 1 Dawan dalam penilaian ini. Ida Bagus Yudi Dananjaya menambahkan, dalam  kriteria penilaian perpustakaan sekolah tingkat Propinsi Bali dilihat dari beberapa aspek, diantaranya ketersediaan ruangan/gedung perpustakaan, tenaga pustakawan, koleksi buku , aspek anggaran serta jangkauan layanan.

Disamping itu sejauh mana korelasi antara minat baca  anak dengan bahan pustaka sebagai modal dasar untuk membantu dalam pengembangan wawasan dan pengetahuan siswa siswinya di sekolah ini. (Adv/balipost)

 

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *