Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Menatap layar gadget mungkin bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Namun kelelahan mata saat menatap layar itu bukan satu-satunya yang perlu diwaspadai.

Makanan dan minuman yang kita konsumsi juga bisa menjadi penyebab sakit kepala. Pasalnya, tiap orang memiliki sensitivitas berbeda terhadap jenis makanan dan minuman yang dimakan.

Agar terhindar dari sakit kepala, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan di bawah ini secara berlebihan. Berikut makanan yang harus diwaspadai, dikutip dari berbagai sumber:

Baca juga:  Hasil Swab Belum Keluar, Satu PDP Asal Kediri Tabanan Meninggal

1. Daging

Daging olahan atau daging yang mengandung senyawa nitrat dan nitrit, contohnya sosis dan bacon, jika terlalu sering dikonsumsi dapat memicu rasa sakit pada kepala.

2. Bubuk cabai

Sejumlah penelitian menemukan capsaicin pada bubuk cabai mampu memicu sakit kepala jika dikonsumsi berlebihan. Bubuk cabai juga disebut sebagai pemicu kambuhnya migrain.

3. Kopi

Kopi membantu kita untuk tetap berjaga dan mengusir kelelahan. Namun kandungan kafein kopi juga dapat memberikan dampak kurang tidur dan memicu sakit kepala.

Baca juga:  Citarasa Kopi Kelompok Tani Br. Jempanang Berkategori Kopi Specialty Grade

4. Citrus

Hindari konsumsi buahan berjenis citrus terlalu sering. Jenis buah seperti jeruk dan kiwi mengandung kombinasi tyramine dan histamin yang menjadi penyebab utama timbulnya sakit kepala. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *