Jangan Sepelekan Tidur Siang
Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR,BALIPOST.com – Ketika anak mengalami demam, kamu tidak perlu panik. Ada enam cara untuk mengatasi demam Si Kecil di rumah yang dilansir dari Halodoc:

1. Berikan Kompres

Untuk meringankan demam pada anak, berikan kompres menggunakan air biasa atau air hangat selama 20 menit sampai 30 menit. Kamu bisa meletakkan kompres pada dada, dahi, ketiak, atau peruk saat anak berbaring. Kompres bisa diganti saat sudah kering dan pantau terus suhu tubuhnya secara berkala.

Baca juga:  Ini, Hasil Pemantauan COVID-19 Warga Karangasem Pulang Umroh

2. Hindari Mengenakan Pakaian Tebal

Pilihkan baju yang nyaman dan tidak terlalu tebal. Mengenakan baju tebal akan membuat anak kesulitan mengeluarkan panas, sehingga demam akan sulit turun.

3. Berikan Cukup Asupan Makanan dan Minuman

Pastikan asupan makanan dan minuman anak terpenuhi, sehingga imunitas tubuhnya dapat segera membaik dan terhindar dari dehidrasi.

4. Menjaga Suhu Ruangan

Pastikan bahwa suhu kamar anak tetap nyaman dan sejuk. Jika menyalakan pendingin, pastikan bahwa suhu ruangan tidak terlalu rendah atau tidak terlalu dingin, dan jangan arahkan kipas atau AC ke tubuh anak.

Baca juga:  Penerima Vaksinasi Booster Alami Peningkatan Kadar Antibodi Tiga Kali Lipat

5. Mandi Air Hangat

Saat anak demam, pakailah air hangat untuk mandi. Mandi dengan air dingin akan membuat suhu tubuh semakin tinggi dan anak bisa saja menggigil kedinginan.

6. Memberikan Obat Penurun Panas

Jika diperlukan, berikan obat penurun panas pada anak, tapi tetap sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter.

Apabila demam pada anak tidak kunjung turun, sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. (kmb/balipost)

Baca juga:  Biji Apel Bisa Sebabkan Keracunan? Ini Faktanya
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *