RS PTN Unud. (BP/Dokumen)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RS-PTN) Universitas Udayana (Unud) kini terus berjuang dalam penanganan pasien COVID-19. Dengan meningkatnya kasus positif saat ini, kapasitas bed di ruang isolasi hampir terisi penuh.

Wakil Direktur Pelayanan Medis dan Keperawatan, Dr IW. Aryabiantara, SpAn. KIC., saat dikonfirmasi, Jumat (9/7) membenarkan kondisi ini. Menurutnya, dari data yang dimiliki, bed occupancy ratio (BOR) untuk isolasi pasien COVID-19, sudah di atas 95 persen.

Baca juga:  Tambahan Pasien COVID-19 Sembuh Nasional Masih Lampaui Kasus Baru

Rinciannya, BOR ruang isolasi ICU sudah mencapai 100 persen. Sementara, ruang isolasi sebesar 96,2 persen.

Terkait hal itu, pihaknya mengatakan langkah antisipasi sudah dilakukan per minggu ini dengan menambah kapasitas sebanyak 12 bed. Dengan tambahan 12 bed ini, total bed menjadi 79 dari kapasitas sebelumnya sebanyak 67 bed.

Ia mengatakan kapasitas bed berpotensi ditambah sebanyak 37 bed. Untuk penambahan bed, perlu tambahan tenaga kesehatan untuk menunjang.

Baca juga:  LPS Bayar Dana Nasabah BPR Legian Rp 5,15 Miliar

Sampai saat ini, masih diupayakan untuk menambah Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kesehatan. “Sekarang sudah ditambah 12 bed dari sebelumnya 67 bed. Masih potensi bisa ditambah 37 bed lagi, tapi saat ini masih menunggu bantuan tenaga nakes,” ujarnya.

Hingga saat ini, total bed yang dimiliki sebanyak 83 bed. Yakni ruang Isolasi 79 bed dan ICU 4 bed. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *