Putri Suastini Koster bersama Bupati Suwirta saat mengunjungi lokasi program HATINYA PKK di TOSS Center Karangdadi, Kusamba. (BP/Ist)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Sri Kasta menerima Kunker rombongan TP Provinsi Bali yang dipimpin Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster di TOSS Center Karangdadi Desa Kusamba, Senin (31/8). Putri Koster mengapresiasi keseriusan Pemkab Klungkung dalam merealisasikan program-program PKK.

Sebab, TOSS Center yang berlokasi di Karangdadi, selain digunakan sebagai tempat pengolahan sampah, juga dilengkapi dengan rumah contoh Pembibitan HATINYA PKK dan Kebun PKK seluas 10 m x 10 m.

Bupati Suwirta menyampaikan Pemkab Klungkung sudah menerapkan instruksi Gubernur Bali tentang pengelolaan sampah plastik dan pengolahan sampah dari sumbernya. Bersinergi dengan Program HATINYA PKK. Kehadiran Putri Koster tentu dapat memacu semangat dalam menjalankan program Pemerintah pusat maupun provinsi, seperti program HATINYA PKK.

Baca juga:  Hujan Deras Dinihari, Ratusan Lapak Pedagang Kumbasari Terendam

Ini juga dapat memantik semangat bagi PKK di Kecamatan maupun PKK di pedesaan dalam menerapkan Program HATINYA PKK. Ke depan agar TOSS Center dapat dijadikan sebagai tempat study banding oleh kabupaten/kota dalam pengolahan sampah yang berintegrasi dengan program HATINYA PKK.

Saat mendampingi TP PKK Provinsi Bali, Bupati Suwirta juga mengenalkan program TOSS Center dan Program Garam Tradisional Beryodium “Uyah Kusamba” yang merupakan salah satu Program Pemkab Klungkung dalam mensejahterakan masyarakat Klungkung. “Dengan adanya rumah pembibitan ini dapat membantu program HATINYA PKK dalam menekan terjadinya inflasi daerah. Ke depan, agar sinergi antara PKK dengan Pemkab Klungkung dapat terus ditingkatkan,” kata Bupati Suwirta.

Ketua TP PKK Klungkung Ny. Ayu Suwirta menyampaikan Rumah Contoh Pembibitan HATINYA PKK dan Kebun PKK seluas 10 m x 10 m, dilengkapi sebuah gubuk ilalang yang sudah ditanami berbagai tanaman sayur organik yang berasal dari rumah pembibitan. Diantaranya seledri, tomat, cabai, sereh, kemangi serta sejumlah tanaman bunga.

Baca juga:  Bupati Suwirta Minta Optimalkan Angkutan Siswa Gratis untuk Manfaat Bersama

Rumah contoh HATINYA PKK nantinya akan dipergunakan sebagai percontohan kepada para ibu-ibu PKK baik di tingkat Kecamatan, maupun di tingkat pedesaan dalam pemanfaatan dan penataan halaman rumah masing-masing.

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Koster menyampaikan mengapresiasi segala program yang dilakukan TP PKK Kabupaten Klungkung. Dia yakin dengan kesungguhan PKK Klungkung ini, pasti dapat langsung diterapkan di PKK Kecamatan maupun PKK tingkat Pedesaan di Kabupaten Klungkung.

Menurutnya, dukungan Bupati Suwirta luar biasa dalam menjalankan program yang diamanatkan baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten. “Mari Bersama-sama mulai manfaatkan lahan pekarangan/halaman rumah untuk ketahanan pangan kita. Jadikan rumah contoh Pembibitan HATINYA PKK, Kebun PKK ini sebagai salah satu cara untuk bergerak dan menggali potensi di daerahnya,” kata Ny. Putri Koster.

Baca juga:  Dari Dewi Pradewi Ngaku Diusir hingga Tambahan Kasus COVID-19 Bali di Bawah 30 Orang

Terkait TOSS Center, Ny. Putri Koster mengapresiasi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sebagai seorang pemimpin yang mampu mengarahkan dan mengajak masyarakatnya mengatasi permasalahan sampah dengan metode penyelesaian yang tepat. Dia mengajak Kabupaten/Kota di Provinsi Bali agar dapat mencontoh dan melakukan study banding ke Kabupaten Klungkung, dengan tujuan agar Provinsi Bali bersih, tidak mewariskan masalah sampah kepada anak cucu kelak.

Ny Putri Koster berkesepatan melihat dari dekat Rumah Contoh yang terdapat di areal TOSS Center. Disana dia melakukan panen tanaman, pemisahan bibit, melakukan penyerahan bibit, 100 paket sembako serta penyerahan masker kepada PKK Desa. Setelah itu, kunjungan dilanjutkan ke lokasi pembuatan garam beryodium, dan supermarket yang menjual berbagai macam produk lokal. (Adv/valipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *