Pengrus PWI Bali membagikan sekitar 1.000 masker kepada warga di Buleleng Jumat (1/5). (BP/Mud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali melakukukan aksi “PWI Bali Peduli” di Buleleng Jumat (1/5). Aksi dengan membagikan sekitar 1.000 masker gratis. PWI juga mengedukasi warga terkait disiplin memakai masker kalau keluar rumah dan tetap melakukan jaga jarak sosial dalam mencegah penularan pandemi COVID-19.

Aksi “PWI Bali Peduli” di pimpin Ketua PWI Bali Dwi Kora Putra didampingi Kordinator Pembagian Masker Dewa Made Sastra Adinata, Edo Dewata Oja, dan Ketua PWI Buleleng Ngurah Aswibawan.

Aksi pertama dilakukan di kawasan Pelabuhan Buleleng. Meskipun daerah ini sudah di tutup sejak pandemi COVID-19, namun beberapa warga masih ada yang sekedar berkunjung ke tempat ini. Warga yang kebanyakan tidak memakai masker ini kemudian di beri masker kain. Mereka pun diingatkan agar disiplin menggunakan masker kalau keluar rumah.

Dari lokasi pertama, rombongan PWI Bali kemudian dilanjutkan ke areal Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Kebangsaan di Kelurahan Kampung Tinggi Singaraja. Pengunjung dan para Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan ini ditemukan banyak yang tidak memakai masker.

Ketua PWI Bali Dwi Kora Putra mengatakan, aksi “PWI Peduli” ini digagas setelah pihakanya melakukan pertemuan dengan para pengurus PWI Bali. Selain menyepekati melakukan aksi peduli di tengah wabah pandemi COVID-19 ini, pihaknya juga menyepakati untuk melakukan penggalangan bantuan untuk membantu pemerintah membrantas mata rantai penularan COVID-19.

Baca juga:  Pandemi COVID-19 Sebabkan Pansus DPRD Bali Usulkan Ini di Materi Ranperda Penyelenggaraan Kesehatan

“Hari ini kami bagikan kurang lebih 1.000 masker kepada warga di Buleleng dan ini aksi setelah di Denpasar. Masker ini selain urunan sesuai kesepakatan kami di pengurus, juga memfasilitasi donasi yang tidak mengikat untuk bersama kami membantu pemerintah “memerangi” COVID-19 ini,” katanya.

Terkait pemberitaan selama masa pandemi COVID-19, Dwi Kora Putra menyebut anggotanya dalam menjalankan tugas di lapangan agar tetap memperhatikan keamanan. Karena terlalu sering berinteraksi dengan banyak orang di lapangan, para wartawan diingatkan untuk tetap waspada dan mengikuti anjuran pemerintah melakukan jaga jarak sosial dan rajin mencuci tangan.

Sementara itu, Kordinator “PWI Peduli” Dewa Made Sastra Adinata mengatakan, pihaknya sengaja membagikan masker menyasar beberapa lokasi di Buleleng. Tidak sekedar membagikan masker gratis, tetapi aksi ini lebih pada edukasi dan menyadarkan warga agar disiplin menuruti instruksi pemerintah untuk “melawan” Virus Corona.

Edukasi ini efektif, sehingga dengan kesadaran warga untuk disiplin mengikuti instruksi pemerintah maka penyebaran virus akan bisa dikendalikan. “Ini aksi setelah di Denpasar dan berlanjut ke daerah lain. Kami masih menerima donasi bersama-sama kita salurkan kepada warga agar kita terhindar dari penularan virus berbahaya ini,” jelasnya. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.