Giri Prasta. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Badung menyerahkan bantuan bahan pangan atau sembako tahap I yang didistribusikan secara serentak di 10 titik pendistribusian, Minggu (26/4). Bantuan diberikan kepada 3.819 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdiri dari rumah tangga sasaran (RTS), penyandang disabilitas dan warga terdampak langsung wabah virus corona atau COVID-19.

Sebanyak 3.819 paket sembako disiapkan oleh Dinas Sosial bersinergi dengan Perumda Pasar Mangu Giri Sedana Kabupaten Badung untuk pendistribusian ke enam kecamatan. Adapun perinciannya sebagai berikut, yakni Kecamatan Abiansemal sebanyak 1.097 paket, Kecamatan Kuta sebanyak 103 paket, Kecamatan Kuta Selatan sebanyak 343 paket, Kecamatan Kuta Utara sebanyak 279 paket, Kecamatan Mengwi sebanyak 1.430 paket, dan Kecamatan Petang sebanyak 567 paket.

Pembagian sembako tahap I tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Desa Adat Munggu, Kecamatan Mengwi. Pada kesempatan tersebut didampingi Kepala Dinas Sosial I Ketut Sudarsana.

Bupati Giri Prasta mengatakan, bantuan sembako ditujukan untuk membantu warga yang ekonominya terdampak kondisi darurat pandemi COVID-19. Artinya warga yang masuk daftar penerima manfaat sembako merupakan data baru hasil pendataan perangkat desa terbawah yang ditetapkan dalam musyawarah desa dan musyawarah kelurahan (termiskin dan disabilitas), tidak mengacu data Kemensos.

Baca juga:  Peduli Warga Terdampak COVID-19, Ini Dilakukan Danramil-PLN

“Kami selaku kepala daerah sudah mulai merealisasikan program-program strategis bagi masyarakat yang ekonominya sangat rentan terdampak oleh pandemi COVID-19. Hari ini (kemarin) kita bagikan paket sembako untuk warga masyarakat yang terdata sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) oleh Dinas Sosial Kabupaten Badung,” katanya.

Lebih lanjut Giri Prasta mengatakan penyaluran sembako oleh Pemkab Badung, langsung ke rumah penerima untuk menghindari terjadi kerumunan masyarakat yang akan menerima bantuan tersebut. Hal ini sesuai dengan himbauan pemerintah pusat agar menghindari kerumunan orang dan tetap jaga jarak. “Astungkara pembagian sembako tahap I secara serentak di 6 kecamatan berjalan lancar, aman dan sukses,” ujarnya.

Bupati Giri Prasta juga menghimbau warga Badung untuk tetap tenang dalam menyikapi pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini. Karena Pemkab Badung selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada masyarakat pada situasi dan kondisi seperti saat ini.

Bantuan paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat berupa beras 25 kg, telur 1 kerat, ayam beku 1 kg, minyak goreng 2 liter, mie instan 30 bungkus dan sayur satu paket. Sehingga bila ditotal secara keseluruhan bantuan tersebut senilai Rp 500 ribu. (Adv/balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.