Ekspor manggis ke Dubai dilakukan di tengah pandemi COVID-19 pada 26 April 2020. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Di tengah mewabahnya COVID-19, ada angin segar bagi perekonomian Bali. Gubernur Bali, Wayan Koster, melepas ekspor manggis pada Minggu (26/4).

Negara yang dituju Uni Emirat Arab. Jumlah manggis yang diekspor sebanyak 1 ton dengan tujuan Dubai, UEA.

Acara pelepasan dilaksanakan secara resmi melalui video conference antara Gubernur Bali bersama Kepala Bea Cukai Denpasar dan Kepala Balai Karantina Pertanian Denpasar. Gubernur melakukan pelepasan dari Jaya Sabha, sedangkan Kepala Bea Cukai dan Kepala Balai Karantina Pertanian Denpasar beserta pihak eksportir melaksanakan di RA Sarana Benoa.

Selain ke Dubai, ekspor manggis juga masih tetap ke Tiongkok sebanyak 15 ton, dengan pengiriman melalui Pelabuhan Tanjung Priok, 2 kali dalam seminggu. Selain itu juga masih tetap melakukan ekspor hasil kerajinan rakyat Bali ke berbagai negara melalui pelabuhan Tanjung Priok, 2 kali dalam seminggu.

Baca juga:  Bangun Citra Positif, Gubernur Koster Tegaskan Langkah Progresif Tangani COVID-19 

Kepala Bea Cukai Denpasar dan Kepala Balai Karantina Pertanian Denpasar melaporkan ekspor komoditas pertanian dan kerajinan rakyat Bali masih tetap berlangsung meskipun dalam suasana pandemi COVID-19. Masyarakat Tiongkok sangat menyukai buah manggis Bali dari Kabupaten Tabanan, Buleleng dan Jembrana.

Dilaporkan kepada Gubernur, bahwa sesungguhnya sejak Januari sampai Februari ekspor mulai meningkat ke sejumlah negara dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya untuk saat ini, karena ada kejadian COVID-19, ekspor komoditas dan produk kerajinan rakyat Bali mengalami kendala transportasi khususnya transportasi melalui penerbangan.

Baca juga:  Investasi di Nusa Penida Diarahkan ke Kawasan Timur

Pihak Bea Cukai dan Karantina berharap COVID-19 segera berakhir, sehingga ekspor komoditas pertanian dan produk kerajinan rakyat Bali bisa bangkit kembali. Karena memiliki keunggulan yang telah mendapat respon positif dari berbagai negara.

Gubernur Koster dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bea Cukai dan Karantina Denpasar yang telah bekerja keras memfasilitasi ekspor komoditas pertanian dan produk kerajinan rakyat Bali. Upaya ini sangat membantu kehidupan para petani dan perajin masyarakat Bali khususnya dalam menghadapi kesulitan akibat pandemi COVID-19.

Gubernur juga menyampaikan bahwa Visi Pembangunan Daerah Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru, salah satu prioritasnya adalah membangun pangan, sandang, dan papan yaitu membangun pertanian dari hulu sampai hilir. Di bagian hilir sudah disiapkan kebijakan pengembangan industri olahan pangan, sentra produk, dan perluasan akses pasar melalui ekspor ke berbagai negara dan kerjasama antar daerah di Indonesia.

Baca juga:  PAC se - Kabupaten Tabanan Usulkan Eka Wiryastuti Menjadi Gubernur Bali

Untuk mendukung kebijakan tersebut telah dikeluarkan Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2019 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan, dan Industri Lokal Bali. Keseluruhan kebijakan bidang pertanian diarahkan untuk memperkuat fundamental perekonomian Bali, menyeimbangkan struktur perekonomian Bali, melalui pembangunan bidang pertanian, industri berbasis budaya branding Bali, dan pariwisata. Oleh karena itu akan terus diupayakan peningkatan dan perluasan ekspor ke berbagai negara. (kmb/balipost)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

  1. Inilah contoh seorang gubernur, bukan seperti gubernur yang lain, yang hanya asyik menggasak apbd saja, otak goblok, tampang kurap, jadi gubernur hanya memanfaatkan fasilitas negara untuk berobat gratis, karena memang sakit sakitan, sayangnya presiden tidak memberikan target kpd mereka yg spt itu untuk wajib export.

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *