Anggota Kodim 1611/Badung dilatih memakai APD. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tidak hanya harus pakai masker, Kodim 1611/Badung melatih para Babinsa menggunakan alat pelindung diri (APD), Selasa (21/4). Pelatihan tersebut dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas penanganan COVID-19 yang berkembang saat ini.

“Atas petunjuk Bapak Dandim 1611/Badung (Kolonel Inf. Puguh Binawanto) agar anggota Kodim terutama Babinsa memiliki kemampuan menggunakan APD secara benar sehingga terhindar dari penularan virus ini. Terutama saat pada saat menangani masyarakat yang terkena COVID-19,” tegas Pasiter Kodim 1611/Badung Mayor Inf. Made Mustika.

Tata cara penggunaan dan pelepasan APD tersebut disampaikan dr. I Komang Susila dari Dinkes Kota Denpasar. Memperkenalkan bagian APD yang terdiri dari masker, baju khusus, sepatu boot, pelindung mata, sarung tangan bedah, penutup kepala dan apron.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan, Anggota Kodim Terus Dibina

“Saat ini berdasarkan data, penyebaran COVID-19 di Indonesia semakin meluas. Oleh karenanya perlu diberikan materi APD ini agar setiap personel lebih mengerti tentang APD,” ujarnya.

Jika sewaktu-waktu tenaganya dibutuhkan untuk mengevakuasi atau membantu masyarakat khususnya Kota Denpasar yang terpapar COVID-19, mereka siap.
“Penggunaan APD untuk mengevakuasi dan membantu masyarakat yang tertular COVID-19 sangat diperlukan karena dapat melindungi diri dari penularan. Hal ini demi keamanan diri sendiri karena virus merupakan mikroorganisme yang dalam kondisi tertentu dapat menempel dimana-mana,” ujar Mayor Mustika. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.