Petugas melakukan disinfeksi pada angkutan yang ada di kawasan The Nusa Dua. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB, melalui Strategic Business Unit (SBU) The Nusa Dua, terus menjaga kondisi kawasan The Nusa Dua. Salah satunya dengan melakukan mitigasi penyebaran Pandemi Virus Corona atau COVID-19.

Dijelaskan Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, langkah-langkah mitigasi yang telah dilakukan, diantaranya mengeluarkan surat himbauan penyediaan dan penggunaan hand sanitizer kepada para tenant hotel dan fasilitas di The Nusa Dua. Juga dilakukan disinfeksi pada sejumlah titik diantaranya, toilet publik, mushola, stan kuliner yang dikelola paguyuban masyarakat, pos pengamanan, mesin ATM dan shuttle bus pada 7 Maret 2020.

Ia mengatakan tenant dan fasilitas di kawasan The Nusa Dua juga telah diwajibkan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh, baik bagi karyawan masing-masing maupun pengunjung, melaksanakan kegiatan kebersihan secara rutin. “Melalui langkah-langkah mitigasi yangtelah kami lakukan, kami berharap dapat terus mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di kawasan The Nusa Dua,” paparnya.

Baca juga:  Literasi Mitigasi Bencana Hidrometeorologi

Dengan satu kantor pengelola,  24 hotel dan 6 fasilitas, tercatat 10.713 orang bekerja di kawasan The Nusa Dua. Sedangkan jumlah wisatawan yang menginap di The Nusa Dua hingga 26 Maret mencapai 23.412 orang.

“Selain memastikan kondisi kesehatan harian para petugas keamanan dan kebersihan kawasan, kami juga melengkapi mereka dengan Alat Pelindung Diri (APD) dalam mengemban tugas sehari-hari, sehingga mereka dapat terhindar dari risiko-risiko gangguan kesehatan.  Kami juga mengarahkan mereka untuk selalu menerapkan social distancing saat bekerja,” tambah Ngurah Ardita. (Yudi Karnaedi/balipost)