Kegiatan penyemprotan cairan disinfektan di Kintamani beberapa hari lalu. (BP/dok)

BANGLI, BALIPOST.com – Armada pemadam kebakaran milik Pemkab Bangli kembali diterjunkan untuk melakukan disinfeksi ke sejumlah tempat umum, Jumat (27/3). Kali ini penyemprotan disinfektan dilakukan di wilayah Kecamatan Kintamani.

Kegiatan penyemprotan dalam upaya mencegah penyebaran virus corona dilakukan petugas Damkar bersama kepolisian dan TNI. Adapun lokasi/tempat umum yang disemprot yakni sepanjang jalan raya Kintamani, anjungan di obyek wisata Penelokan, areal Pura Ulundanu Batur, Museum Gunung Api Batur, hingga Pasar Singamandawa.

Dalam kegiatan itu, petugas menerjunkan dua unit armada damkar plus mobil tangki. Kegiatan penyemprotan menghabiskan sekitar 35 liter cairan disinfektan. “Kalau desa-desa sudah ada intruksi bupati untuk melakukan penyemprotan mandiri dengan memanfaatkan dana desa. Jadi sebelum Nyepi semua desa sudah melakukan penyemprotan mandiri. Fasilitas-fasilitas umum seperti jalan protocol dan tempat umum lainnya itu yang kita bantu,” kata Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Bangli Dewa Agung Suryadarma.

Baca juga:  HKTI Bali Disinfeksi Fasilitas Umum di Dentim

Dalam penyemprotan , pihaknya juga sekaligus menyosialisasikan surat edaran (SE) Gubernur soal penutupan tempat hiburan dan tempat-tempat yang menyiapkan orang-orang untuk berkumpul. Seperti usaha restoran.

Kata Suryadarma, hampir 70 persen usaha restoran di Kintamani sudah tutup seblum sosialisasi dilakukan. Setelah di Kintamani, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di kecamatan lainnya.

Rencananya Sabtu (27/3) penyemprotan disinfektan akan dilakukan di wilayah Kecamatan Susut. “Saat Pengerupukan kan sudah dilaksanakan di Kecamatan Bangli. Mungkin Minggu atau Senin kami laksanakan di Kecamatan Tembuku,” ujarnya. (Dayu Swasrina/balipost)