SINGARAJA, BALI POST.com – Pencegahan wabah COVID-19, kembali dilakukan Pemkab Buleleng. Bersamaan dengan Ngembak Geni, Kamis (26/3), penyemprotan disinfektan dilakukan di sejumlah jalan protokol di Kota Singaraja. Penyemprotan ini mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar).

Aksi pencegahan ini dipimpin Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana (PAS) didampingi Wakil Bupati dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG. Selain personel damkar, anggota kepolisian dan TNI, tampak bahu-membahu mendukung penyemprotan kali ini dengan memgerahkan mobil Water Cannon.

Bupati memgatakan, penyemprotan dengan mengerahkan mobil damkar ini sebagai antisipasi lanjutan, menyusul penyebaran wabah COVID-19 akhir-akhir ini. Untuk mencegah penukaran wabah di tempat-tempat umum, pihaknya melalukan penyemprotan ini dengan menghabiskan sekitar 3.000 liter disinfektan.

Dengan cairan disinfektan sebanyak itu, petugas berhasil mensteril jalan umum dengan panjang sekitar 3.7 kilometer. “Ini pencegahan lanjutan yang kita lakukan dan hari ini kita kerahkan satu unit damkar, dan sasaran jalan protokol di kota, sehingga kita harapkan wabah ini bisa kita cegah,” katanya.

Baca juga:  Lima Pendaftar Lamar Jabatan Kadis DLH

Rencananya, penyemprotan akan kembali dilakukan Jumat (27/3) ini. Agar lebih panjang lagi jangkauannya, Bupati berjanji akan mengerahkan satu lagi mobil damkar milik pemerintah.

Dengan kekuatan dua mobil damkar itu, tidak saja jalan di perkotaan, tetapi jalan di desa-desa, tempat umum dan objek wisata. “Besok, kita akan tambah jadi pake dua damkar, dan kami mohon maaf kalau ada gangguan dalam penyemprotan ini,” jelasnya. (Mudiarta/balipost)