Polisi memantau pelaksanaan Nyepi dengan bersepeda. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Polres Gianyar melakukan pemantauan pelaksanaan Nyepi pada Rabu (25/3). Dalam pemantauan itu Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana beserta jajaran berkeliling dengan sepeda.

Pemantauan serupa kembali dilakukan terkait penutupan akses jalan sesuai surat intruksi Bupati Gianyar I Made Mahayastra, Kamis (26/3) hari ini. Kapolres beserta jajaran melaksanakan patroli bersepeda untuk memantau perkembangan situasi di lapangan terkait pelaksanaan Nyepi di wilayah Kecamatan Gianyar dan Blahbatuh, pada Rabu sore sekitar pukul 16.30 Wita. Dalam kegiatan patroli itu Kapolres Gianyar menghampiri para pecalang desa yang sedang melaksanakan tugas pengamanan.

Kapolres Gianyar menyampaikan terkait perkembangan situasi yang terjadi yaitu untuk meredam penyebaran COVID-19, serta adanya surat edaran Bupati Gianyar terkait dengan pelaksaan penutupan akses jalan sehari setelah Nyepi. “Aman di rumah saja yang akan diberlakukan penutupan jalan di sepanjang perbatasan sesuai surat bapak Bupati Gianyar, agar dari desa bisa memberikan dukungan untuk keselamatan kita semua,” katanya.

Baca juga:  Nyepi Berbarengan dengan Saraswati, Momen Introspeksi Membentuk SDM Berkualitas

AKBP Adnyana juga mengimbau warga tidak berkumpul untuk menghindari penularan dari manusia ke manusia. Kapolres Gianyar juga memberikan teguran kepada anak-anak yang masih berkeliaran dan berkumpul di jalan untuk segera membubarkan diri dan kembali ke rumah. “Kegiatan Nyepi ini akan berlanjut sampai 26 Maret 2020 untuk itu diharapkan kepada petugas Pecalang untuk berperan aktif mengamankan wilayahnya masing masing,” tegasnya. (Manik Astajaya/balipost)