Suasana di CFD Denpasar yang dipusatkan di Lapangan Renon, Minggu (15/3). (BP/ara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pemkot Denpasar menyetop sementara kegiatan car free day (CFD) di Renon. “Mulai minggu depan kami tutup dulu kegiatan CFD,” ujar Wali Kota Denpasar I.B. Rai Dharmawijaya Mantra, Selasa (17/3).

Dikatakan, kebijakan ini diambil setelah melakukan pembahasan yang cukup detail yang melibatkan sejumlah OPD. Sebelumnya, Pemkot juga mengambil kebijakan di bidang pendidikan. Semua siswa belajar di rumah, meski sedang berlangsung ujian tengah semester dan try out. Bukan hanya itu, Pemkot juga menunda semua kegiatan yang melibatkan orang banyak, termasuk apel bendera.

Sebelumnya, Kabag Humas Pemkot Denpasar Dewa Gede Rai mengatakan, dalam menyikapi penyebaran virus Corona, perlu adanya kesiapsiagaan masyarakat. Karena itu, yang perlu disosialisasikan adalah apa yang harus dilakukan masyarakat. Inilah yang akan disampaikan kepada masyarakat saat CFD nanti.

Baca juga:  Siaga Nataru dan Denfest, Pemkot Siagakan 3 Posko dan 310 Personil

Dikatakan, dalam menyikapi masalah ini, Wali Kota Denpasar telah mengeluarkan Surat Edaran No 443.33/1637/Dikes tertanggal 5 Mart 2020 yang ditujukan kepada semua pimpinan OPD, Lurah/Perbekel, Camat, Kepala Pasar serta Ketua PHRI Denpasar . SE tersebut tentang peningkatan kewaspadaan penyebaran akibat virus Corona (Covid 19) bagi semua masyarakat. Dalam SE tersebut diharapkan melakukan desinfeksi di tempat-tempat umum sebagai langkah pencegahan virus Corona, menyediakan hand sanitizer dan membudayakan hidup bersih. (Asmara Putera/balipost)