Wagub Bali, Cok Ace. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST. com – Kegiatan yang melibatkan banyak orang sebaiknya ditunda. Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardana Sukawati, disela penyemprotan Disinfektan di Sanur, Minggu (15/3).

Even besar yang melibatkan banyak orang seperti Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG), sejumlah festival yang rencananya dilakukan pada Maret dan April akan ditunda penyelenggaraannya. “Bagi kami saat ini yang manjadi prioritas adalah keselamatan dan keamanaan masyarakat Bali,” katanya.

Namun demikian, ditanya perlukah langkah isolasi (lockdown) seperti yang telah dilakukan beberapa wilayah di Indonesia terkait Virus Corona? Wagub Bali justru menegaskan hingga saat ini belum ada keputusan dari Pemprov Bali untuk melakukan langkah isolasi atau lockdown.

Perkembangan situasi terkait Virus Corona terus dipantau dan kebijakan serta langkah langkah pencegahan terus dilakukan dengan prioritas tentunya pada keselamatan dan kesehatan masyarakat Bali.

Senada dengan Wagub Cok Ace, Sekda Dewa Indra menegaskan sampai saat ini Pemprov Bali belum ada kebijakan untuk melakukan lockdown. Situasi dan perkembangan ke depan akan terus dipantau dan kita telah memilki satgas COVID-19 yang akan bekerja optimal sesuai dengan bidangnya masing-masing dalam upaya memberi kenyamanan serta melindungi kesehatan masyarakat dari Corona.

Baca juga:  Bali Punya Simbol Perlawanan Premanisme dan Narkoba

Sekda Dewa Indra menyampaikan bahwa segala upaya pencegahan penyebaran Virus COVID-19 harus dilakukan tanpa kepanikan. Sekda mengajak masyarakat termasuk awak media membangun situasi kondusif di tengah masyarakat.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra dan Kepala OPD di lingkungan Pemprov Bali melaksanakan spraying disinfektan di dua titik fasilitas umum yaitu di Dermaga Penyebrangan Nusa Penida, Pantai Mertasari serta areal sekitar Hotel Griya Santrian Sanur, Minggu (15/3).

Wagub berharap spraying disinfektan tidak hanya dilakukan pemerintah semata. Namun juga terbangun kesadaran masyarakat untuk melakukan hal serupa secara rutin di tempat kerja atau wilayahnya masing-masing. “Dengan demikian penyebaran Virus Corona bisa kita cegah bersama,” ujarnya. (Agung Dharmada/balipost)